TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Danramil Bersama Kapolsek Papar Kediri, Memberikan Motivasi Bagi Petani Ketela / Ubi

By 14 May 2016 09:43Kodam V/Brawijaya
danramil

KEDIRI- Ditengah-tengah hamparan lahan pertanian di Desa Papar Kecamatan Papar Kabupaten Kediri, Danramil Papar Kapten Inf Tafsir bersama Ipda Sri Atik (mewakili Kapolsek Papar), memberikan motivasi bagi petani ketela / ubi yang ada di Kecamatan Papar, pada launching fungizida dan zat pengatur tumbuh tanaman “Cabrio Top”, salah satu produk unggulan anak bangsa berplat merah ini. Budidaya tanaman ketela / ubi di Kecamatan Papar pada khususnya, cukup menjanjikan dan memberikan prospek peningkatan kesejahteraan bagi para petani, Jumat (13/05/2016).

“Yang namanya kemandirian pangan, bukan hanya mencakup satu atau dua atau tiga jenis saja, tetapi semua tanaman pangan yang masuk kategori pokok dan dapat dikonsumsi manusia, wajib untuk tidak tergantung pada dominasi produk impor. Apalagi dalam 2 tahun terakhir, tanaman ketela (ubi) produk dalam negeri saat ini harus menggeser produk impor. Jangan sampai kita kalah bersaing dengan petani luar negeri, karena negeri ini berasal muasal negeri agraris, jadi tidak mustahil kalau kita memiliki impian mewujudkan kemandirian pangan,” kata Kapten Inf Tafsir ,di hadapan para petani yang hadir pada launching fungizida tersebut.

Warsito Rahman, Staf Promosi Cabrio Top, menambahkan, bila pangsa pasar saat ini sudah mengarah pada industrialisasi, dan mau tidak mau, seluruh petani harus siap bersaing secara sehat dengan petani manapun, termasuk dengan petani luar negeri. Produksi yang extra dari suatu lahan pertanian, sangat dibutuhkan mendongkrak daya saing petani lokal, karena dengan hasil produksi yang berlimpah, akan mampu memberikan kontribusi bagi kebutuhan dunia industri, khususnya produksi pangan. Keterlibatan dan peran TNI pada program swasembada pangan, perlu didukung sepenuhnya, karena akan berdampak positif bagi peningkatan produktifitas pertanian.

Berdasarkan statistik, lahan pertanian yang ditanami ketela / ubi di Kecamatan Papar mencapai 360 hektar, dan dari lahan seluas tersebut mayoritas ditanami ketela pohon (singkong). Hasil produksi dari petani yang ada di Kecamatan papar, mendominasi pangsa pasar di wilayah Kediri, khususnya yang ada di pasar-pasar tradisional.(Penrem 082/CPYJ).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Danramil Bersama Kapolsek Papar Kediri, Memberikan Motivasi Bagi Petani Ketela / Ubi