Skip to main content
Berita Satuan

Dansatgas Yonif 509/Kostrad : Pengobatan Gratis Untuk Tingkatkan Kesehatan Masyarakat Papua

Dibaca: 3 Oleh 03 Mei 2016Maret 30th, 2020Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

(Puspen TNI. Selasa, 3 Mei 2016).  Pengobatan Gratis yang dilaksanakan oleh Prajurit TNI dari Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 509/Kostrad yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan) bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Papua. Demikian dikatakan Dansatgas Pamrahwan Letkol Inf Beny Setiyanto disela-sela pelaksanaan Karya Bakti di Provinsi Papua, Senin (2/5/2016).

“Kegiatan Karya Bakti ini kami gelar secara serempak di seluruh wilayah penugasan Yonif 509/Kostrad mulai dari Sorong, Manokwari, Enarotali sampai dengan Puncak Jaya. Kegiatan ini dilaksanakan  bukan hanya seremonial belaka, tetapi juga dalam rangka memperingati Hari Papua Kembali, dimana tanggal 1 Mei di Papua merupakan hari yang sangat bersejarah, karena pada tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Kembali Bersatunya Tanah Papua ke wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Dansatgas.

Menurut Dansatgas Pamrahwan Letkol Inf Beny Setiyanto, kegiatan ini juga dilaksanakan dalam upaya untuk merebut hati dan simpati rakyat sebagai wujud pengaplikasian program Serbuan Teritorial yang telah dicanangkan oleh Panglima TNI dalam rangka mewujudkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat. “Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menebalkan jiwa nasionalisme serta rasa cinta tanah air bagi masyarakat Papua,” ucapnya.

Baca juga:  Berbagi Kasih, Menyambung Hati

Dansatgas Pamrahwan Letkol Inf Beny Setiyanto juga menyampaikan bahwa, kegiatan pembersihan serta menggelar pos pengobatan gratis juga dilaksanakan di kompleks pasar Kota Mulia, Kabupaten Puncak Jaya. “Dipilihnya kompleks pasar sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan Karya Bakti, berdasarkan pertimbangan bahwa pasar merupakan pusat perdagangan bagi masyarakat Kota Mulia dan sekitarnya, dimana masyarakat dari seluruh penjuru Kota Mulia berkumpul untuk melakukan kegiatan jual beli,” pungkasnya.

Pengobatan massal gratis dipimpin oleh Dokter Satgas Lettu Ckm dr. Arnov Lahira Eriskan, dibantu oleh Tim Kesehatan Satgas. Tingginya minat warga untuk mendapatkan pengobatan gratis membuat Tim Kesehatan Satgas Pamrahwan Yonif Raider 509/Kostrad harus bekerja ekstra dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada warga.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, tidak kurang dari 500 pasien dari berbagai usia datang untuk mendapatkan pemeriksaan serta pengobatan gratis dari Tim Kesehatan. Tidak hanya para pedagang maupun pembeli yang sedang berada di lokasi pasar, warga yang kebetulan lewat juga ikut tertarik untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis.

Baca juga:  Program Jambanisasi Kodim Pacitan, Cegah Hepatitis A

Menurut Dokter Satgas Satgas Lettu Ckm dr. Arnov Lahira Eriskan, sebagian besar penyakit yang diderita oleh masyarakat adalah ISPA (infeksi Saluran Pernafasan), nyeri pada persendian, nyeri kepala, demam, gatal-gatal serta luka-luka. “Sebagian besar masyarakat masih kurang tingkat kesadarannya akan pentingnya hygienitas diri dan sanitasi lingkungan, sehingga mereka mudah untuk terkena penyakit,” ujarnya. Autentikasi : Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Czi Berlin G. S.Sos., M.M.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel