TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Dukung Pembenahan Objek Wisata Desa, Kodim 0707 Siap Bantu Jual Wonosobo

By 30 May 2016 06:59Kodam IV/Diponegoro
DSC_0359

 

Komandan Kodim 0707/Wonosobo, Letkol CZI Dwi Haryono menegaskan kesiapan jajarannya untuk turut berpartisipasi aktif, dalam mengupayakan terbukanya akses menuju beberapa objek wisata desa berbasis potensi alam. Menurut Dandim, objek – objek wisata desa di beberapa wilayah yang memang memiliki keindahan alam nan unik, layak untuk dijual dan berpotensi menjadi destinasi unggulan. Pendapat tersebut dikemukakan Dandim setelah bersama Kepala Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Wonosobo, Agus Purnomo mengunjungi Desa Tlogo, Kecamatan Garung, dan Desa Winongsari Kecamatan Kaliwiro, Sabtu (28/5). “Kami dari Kodim 0707/Wonosobo mendukung penuh langkah untuk memajukan sektor pariwisata di Kabupaten Wonosobo, dan siap membantu menjual potensi ini, termasuk untuk membenahi berbagai hal yang dirasa masih perlu diperbaiki,” tegas Dandim.

Pembenahan akses menuju objek wisata, dirasa Dwi menjadi sangat vital, mengingat para wisatawan memerlukan kemudahan untuk mencapai tempat rekreasi dengan lebih nyaman. “Contohnya di objek wisata Bukit Seroja, Desa Tlogo yang mengandalkan panorama alam matahari terbit dan telaga Menjer, akan lebih menarik apabila akses jalan menuju puncak dipermudah, baik untuk para pejalan kaki, maupun pengguna motor trail,” terang Dandim. Di Desa Winongsari, Kaliwiro yang kini tengah memoles potensi curug Winongnya, Dandim juga menyebut hal serupa, yaitu perlunya upaya memudahkan akses bagi para pengunjung.

Tak hanya curug, menurut Letkol Dwi, Winongsari juga selayaknya membenahi potensi lainnya, seperti sektor pertanian, kesenian dan budaya, sampai pada kearifan lokal yang dinilainya layak untuk dijual kepada para wisatawan. “Prinsip, kami siap untuk turut menjual Wonosobo, dalam artian melalui sektor pariwisata ini Wonosobo harus mampu meraih lebih banyak lagi kunjungan, sehingga roda ekonomi masyarakat berputar dan bertumbuh sehingga mampu mendorong mereka mencapai derajat kesejahteraan yang lebih baik,” tutur Dandim. Kepentingan bagi TNI dari bertumbuhnya sektor pariwisata desa, dikatakan Dwi adalah untuk pemberdayaan ruang alat kondisi juang (Rakjuang), sehingga terwujud soliditas dan sinergis antara rakyat dengan tentara. “Tujuannya adalah untuk menangkal masuknya paham-paham negative yang berpotensi merusak moral dan mental masyarakat dan melemahkan sendi-sendi Nasionalisme,” tandas Dandim.

Iktikad dan semangat jajaran Kodim 0707/Wonosobo untuk turut memperjuangkan sektor pariwisata Wonosobo menuai pujian dari Kepala Kantor Parekraf, Agus Purnomo. Menurutnya, keselarasan langkah antara Pemkab Wonosobo dengan berbagai elemen masyarakat sangat diperlukan demi memajukan sektor Pariwisata. “Hari ini kami mengajak jajaran Kodim 0707/Wonosobo berkunjung ke Obwis bukit Seroja dan Curug Winong, dengan harapan agar ke depan, upaya pembenahannya juga didukung penuh pihak TNI,” jelas Agus. Dukungan dari jajaran Kodim, diyakini Agus juga akan mampu memotivasi warga masyarakat untuk lebih bersemangat dalam mengoptimalkan potensi wisata di desanya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Dukung Pembenahan Objek Wisata Desa, Kodim 0707 Siap Bantu Jual Wonosobo