TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Fungsi Penerangan Kodam V/Brawijaya

By 19 May 2016 15:26Kodam V/Brawijaya
rri

Surabaya,- Dalam menunjang kinerja sekaligus tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Kodam, Satuan Penerangan Kodam (Pendam) dinilai sangat strategis yang berguna sebagai corong Kodam, untuk ikut berperan aktif di era globalisasi informasi saat ini. Pendam merupakan Staf Khusus Pangdam yang bertugas mendokumentasikan, mempublikasikan dan mensosialisasikan berbagai kegiatan kedinasan dan kebijakan pemimpin kepada masyarakat.

Berkenaan dengan hal itu, Wakil Kepala Penerangan Kodam (Wakapendam) V/Brawijaya, Letnan Kolonel Inf Drs. Heriyadi, M. Si dalam dialog interaktif di RRI Surabaya menjelaskan, bahwa karena dianggap memiliki fungsi yang sangat strategis di era informasi saat ini, maka pimpinan TNI AD telah melakukan validasi organisasi Satuan Penerangan Kodam, baik struktur maupun jenjang kepangkatan. “Tahun 2012 lalu, organisasi Pendam lebih ditingkatkan lagi. Awalnya pejabat (Kepala) Penerangan itu berpangkat Letkol. Sejak tahun 2012 itu menjadi pangkat Kolonel,” terang Wakapendam V/Brawijaya dalam dialog interaktif. Rabu, 18 Mei 2016 pagi.

Selain itu, kata Wakapendam, sebelum Organisasi Pendam memasuki tahap validasi, Satuan Penerangan Kodam mempunyai empat Kepala Seksi (Kasi) yang dijabat Perwira Pertama (Pama) berpangkat Kapten. Kemudian semenjak memasuki tahap validasi jabatan Kepala Seksi (Kasi) ikut divalidasi. “Sekarang Satuan Penerangan Kodam memiliki tujuh Kasi yang dijabat oleh seorang Perwira Menengah (Pamen) berpangkat Mayor,” tuturnya.

Menurut Drs Heriyadi, hal itu dilakukan sesuai evaluasi yang diputuskan oleh Pimpinan (Komando Atas, red) sebagai upaya dalam mengikuti perkembangan teknologi dan informasi saat ini yang semakin berkembang. “Seiring dengan tuntutan perkembangan saat ini, maka Satuan Pendam V/Brawijaya memiliki peran penting dalam pelaksaan tugas Kodam juga sebagai ujung tombak dalam mensosialisasikan kebijakan-kebijakan pimpinan kepada satuan di jajaran Kodam V/Brawijaya maupun kepada lapisan masyarakat di Jawa Timur, jajaran Penerangan Kodam berkomitmen untuk saling pro aktif dan bersinergi membangun opini publik secara sehat, bersahaja, transparan, dan bermakna,” jelasnya.

Mantan Komandan Kodim (Dandim) Kediri itu menambahkan, selain mendukung program-program di satuan Kodam, Satuan Penerangan juga berfungsi dalam menunjang keberhasilan program pemerintah yang sedang berjalan di masyarakat misalnya publikasi tentang program ketahanan pangan, ancaman terorisme dan sebagainya.

. “Ada banyak cara untuk menyampaikan informasi kepada Publik, salah satunya melalui Media, seperti wawancara yang dilaksanakan di RRI saat ini,” tuturnya.

Perlu diketahui, Pendam merupakan satuan yang bertugas dalam menyebarluaskan informasi terkait tugas pokok Kodam kepada publik. Bahkan, masyarakat bisa melihat langsung segala kegiatan yang saat ini dilakukan satuan Kodam V/Brawijaya melalui salah satu situs website resmi yang sudah disediakan. “Seluruh kegiatan satuan yang berada di jajaran Kodam V/Brawijaya bisa dilihat langsung melalui situs website yang kita sediakan di www.kodam5-brawijaya.mil.id, melalui website itu, masyarakat bisa berkomunikasi langsung dengan kami,” papar Wakapendam.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Fungsi Penerangan Kodam V/Brawijaya