TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Gubernur Akmil Buka Pelatihan Peningkatan Kualitas Penelitian Tenaga Pendidik Akmil

By 10 May 2016 14:34Akademi Militer
AMN_6197

Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Hartomo membuka pelatihan peningkatan kualitas penelitian tenaga pendidik Akademi Militer di Gedung Sumartal Akmil. Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Gubernur Akmil Brigjen TNI Wisnoe P.B., para Pejabat Distribusi Akmil, para Nara Sumber Pelatihan Peningkatan Kualitas Penelitian Gadik Akmil. Pelatihan ini dilaksanakan selama tiga hari dimulai tanggal 10 Mei 2016 sampai dengan 12 Mei 2016, dan diikuti oleh 40 tenaga pendidik Akademi Militer yang terdiri dari 31 Militer dan 9 orang PNS Akademi Militer. Selain itu pelatihan ini melibatkan narasumber yang berkompeten dari Paban III/Litbang Srenad, Dislitbangad, LIPI, UGM, UNNES dan BPS Magelang.

Dalam sambutannya Gubernur Akmil mengucapkan “selamat datang” di Lembah Tidar kepada para nara sumber dari Paban III/Litbang Srenad, Dislitbangad dan LIPI, sekaligus ucapan “terima kasih” yang setulus-tulusnya atas kesediaan para narasumber yang telah berkenan meluangkan waktu untuk memberikan pembekalan materi kepada peserta pelatihan.

Sebagai Lembaga Pendidikan Pembentukan Perwira, Akademi Militer senantiasa berupaya melakukan peningkatan terhadap kemampuan tenaga pendidik dalam rangka pemenuhan standar kompetensi sumber daya manusia tenaga pendidik dibidang penelitian, guna mengoptimalkan penguasaan terhadap aspek dan metode dalam penelitian.

Tujuan pelatihan ini untuk membekali tenaga pendidik Akmil dalam menjalankan tugas pokoknya dalam bidang pengajaran dan penelitian. Adapun materi yang dipelajari selama pelatihan penelitian meliputi; Etika keilmuan dan penelitian, alur proses penelitian yang dimulai dari penyusunan proposal dan rancangan penelitian, koleksi data, pengolahan dan análisis data, penelusuran informasi ilmiah, penulisan laporan ilmiah serta kerjasama penelitian.

Dengan diadakannya pelatihan penelitian, diharapkan akan memberi dampak dan manfaat positif, khususnya dalam mewujudkan tenaga pendidik Akmil yang handal dan profesional. Hal ini akan ditandai dengan terciptanya tanaga pendidik yang memiliki kemampuan dan semangat pengabdian dalam bidang pengajaran melalui penguasaan Iptek, memiliki kreatifitas dalam menyampaikan materi pengajaran, berperan dan mendukung kegiatan pengabdian masyarakat melalui riset sosial dan solusinya, serta berusaha menjaga nama baik dan peningkatan reputasi, serta peningkatan akreditasi Akademi Militer.

Diakhir sambutannya Mayjen TNI Hartomo berharap kepada para peserta pelatihan agar benar-benar memanfaatkan waktu yang ada untuk belajar dan memahami tujuan diadakannya pelatihan ini, sehingga hasilnya setelah mengikuti pelatihan ini setiap peserta dapat mengaplikasikannya dalam pembimbingan tugas akhir Taruna dan pelaksanaan penelitian yang bermanfaat untuk pengabdian kepada masyarakat.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Gubernur Akmil Buka Pelatihan Peningkatan Kualitas Penelitian Tenaga Pendidik Akmil