TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kasad : Hakikat Lomba Ton Tangkas Menyiapkan dan Meningkatkan Kemampuan Satuan Siap Operasional

ton3

Perlombaan Peleton Tangkas yang digelar TNI AD hakikatnya adalah untuk menyiapkan dan meningkatkan kemampuan satuan yang siap operasional, guna mendukung pelaksanaan tugas pokok, dengan melakukan pembinaan di bidang organisasi, personel, materiil, pangkalan, peranti lunak dan latihan yang didukung dengan anggaran yang memadai.

Demikian disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono pada acara penutupan perlombaan Peleton Tangkas TNI AD tahun 2016 bertempat di lapangan Yudha Wastu Pramukha Pusdikif, Pussenif, Cipatat Jawa Barat, Senin (30/5).

Kegiatan lomba Peleton Tangkas akan tetap menjadi agenda rutin TNI AD setiap 6 (enam) bulan sekali dalam setahun, yang dapat digunakan sebagai indikator untuk mengukur hasil Pembinaan Satuan (Binsat), serta sebagai salah satu teknik pengawasan langsung (operatif) terhadap pelaksanaan Binsat. Pembinaan Satuan yang benar akan menghasilkan kualitas kemampuan perorangan yang tinggi, serta kekompakan dan kerjasama satuan yang baik antara unsur pimpinan dan anak buah. Perpaduan dari kemampuan dan kekompakan itulah yang akan sangat menentukan capaian prestasi selama kegiatan lomba Ton Tangkas.

Perlombaan Peleton Tangkas periode I tahun ini diikuti oleh 15 kontingen dari berbagai satuan jajaran Angkatan Darat, dilaksanakan selama satu minggu 23 hingga 30 Mei 2016, dengan materi lomba yaitu lari, renang militer, ilmu medan (teori dan aplikasi), How to Find the Fighter (HTF), menembak senapan, menembak pistol, lintas medan dan bela diri militer Yong Moodo (berpasangan).

Keluar sebagai juara pertama dari Batalyon Armed 10/2/1/Kostrad (Divisi Infanteri-1 Kostrad), urutan kedua ditempati oleh Batalyon Mekanis 412/6/2/Kostrad (Divisi Infanteri-2 Kostrad) dan menempati urutan ketiga yaitu Yonif 315/Garuda, Kodam III/Siliwangi.

Kasad mengucapkan selamat kepada para pemenang, dan berpesan agar tidak berpuas diri yang berlebihan, namun harus tetap memelihara dan meningkatkan kemampuan yang telah dimiliki dan bagi peserta yang belum berhasil meraih prestasi terbaik, agar menjadikan pengalaman lomba ini sebagai pemicu semangat untuk berusaha dan berlatih lebih keras, sehingga pada lomba Peleton Tangkas periode berikutnya dapat merebut gelar juara. (Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kasad : Hakikat Lomba Ton Tangkas Menyiapkan dan Meningkatkan Kemampuan Satuan Siap Operasional