TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kasetumdam XVII/Cenderawasih : Tanamkan Semangat Wawasan Kebangsaan Dan Bentuk Karakter Sejak Usia Dini

By 26 May 2016 10:07Kodam XVII/Cenderawasih
kaset

Kepala sekretariat umum ( Kasetum ) Kodam XVII/Cendewrawasih Letnan Kolonel Cku ( Kowad ) Maria beserta 3 orang anggotanya memberikan materi pelajaran tentang pentingnya wawasan kebangsaan dan bela negara kepada siswa-siswi SD Inpres Megapura Skyland Kelurahan Entrop Jayapura Selatan pada Rabu 25 Mei 2016. Kegiatan ini disambut baik oleh siswa-siswi serta Guru dan Kepala Desa Megapura Ny. Maxi Mila yang kebetulan hadir dalam acara tersebut.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI kepada anak-anak bangsa dalam membentuk watak, sikap dan perilaku disiplin dalam kehidupan sehari-hari yang nantinya dapat diaplikasikan saat mereka sudah dewasa menjadi manusia yang berkarakter. Disamping diberikan materi wawasan kebangsaan dan bela negara juga diajarkan materi pelajaran pokok sesuai Kurikulum yang berlaku saat ini.

Pada kesempatan tersebut Maria menyampaikan sebagai generasi penerus bangsa harus punya semangat dalam menimba ilmu agar kedepan bisa ikut membangun daerah ini menjadi lebih maju,” ungkapnya. Menurut dia, bangsa Indonesia adalah bangsa besar dengan keanekaragaman suku dan budaya serta agama, tetapi dengan perbedaan tersebut kita tetap satu yaitu bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Hal itulah yang sejak dini harus ditanamkan kepada generasi muda bangsa agar memiliki semangat Nasionalisme serta semangat dalam mengisi pembangunan bangsa Indonesia. “Kita harus bangga dengan keanekaragaman tersebut, seperti semboyan Bhineka Tunggal Ika yang mempunyai arti berbeda beda tetapi tetap satu,” ujarnya.

Sedangkan Guru SD Inpres Megapura Ny. Rosita Kirirem. Spd, menyampaikan dengan adanya program kegiatan seperti ini tentunya sangat membantu sekolah-sekolah terutama untuk pelatihan disiplin dan wawasan kebangsaan para siswa. “Kehadiran bapak-bapak TNI di sini membuat kami dekat dengan bapak-bapak TNI terutama anak didik kami. Mereka sangat senang dan bangga dengan kehadiran bapak-bapak TNI,” ujarnya.

Disamping membantu kegiatan mengajar dikelas, prajurit TNI juga memberikan tips belajar dengan cara berdiskusi memecahkan soal bersama dan pembentukan disiplin belajar kepada siswa-siswi. Hal ini sangat membantu untuk membentuk karakter serta perilaku yang tertib dan sopan santun, sehingga nantinya dapat diaplikasikan dikehidupan sehari-hari maupun pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. “Saya sangat senang dan berterima kasih kepada Kodam Cenderawasih yang telah membantu kami dalam proses kegiatan belajar mengajar disini. Saya tidak bisa memberikan apapun kepada bapak-bapak TNI yang telah dengan senang hati dan ikhlas membantu SDN ini, sekali lagi saya mengucapkan terima kasih dan bangga,” ujar Rosita.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kasetumdam XVII/Cenderawasih : Tanamkan Semangat Wawasan Kebangsaan Dan Bentuk Karakter Sejak Usia Dini