TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kelompok Nelayan Desa Dodaga Praktekan Pembuatan Bank Ikan.

By 19 May 2016 19:44Kodam XVI/Patimura
ikan

Wasile (19/05), Bank Ikan yang merupakan bagian dari program Emas Biru Pangdam XVI/Ptm Mayjen TNI Doni Monardo mulai dilirik kelompok nelayan Desa Dodaga, dengan adanya ketertarikan tersebut Satgas TMMD 96 kemudian turut memfasilitasi pembuatan Bank Ikan tersebut dengan memberikan bantuan jaring dan bantuan teknik pemasangan dengan menggandeng Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Haltim.

Pembuatan yang dilakukan oleh perwakilan Kelompok Nelayan Desa Dodaga yang berjumlah 15 orang, memasang jaring tancab/gilnet dengan asistensi dari DKP Haltim Sdr. Ria dan Sdri. Sri serta tim penyuluh dari BP4K dipasang di Perairan Desa Dodaga yang nantinya akan dipergunakan oleh kelompok nelayan untuk menabung ikan.

Dalam keterangannya salah satu anggota kelompok nelayan bernama Ayub menyampaikan bahwa dirinya pertamakali mendengar Bank Ikan dari Dandim 1505/Tidore Letkol Inf Hendri saat penyuluhan dimana dijelaskan bahwa Bank Ikan merupakan sarana para nelayan untuk menabung ikan hasil tangkapan beberapa ekor untuk ditabung, kelak setelah dalam jangka waktu tertentu ikan tersebut akan hidup dan membentuk ekosistem alami untuk berkembang biak. usai penyuluhan kemudian kami dari Kelompok nelayan Desa Dodaga merasa tertarik dengan gagasan Bank Ikan tersebut sebagai solusi ketersediaan ikan terutama saat cuaca laut tidak memungkinkan untuk mencari ikan, terlebih juga perairan Desa Dodaga yang memiliki karakter perbedaan pasang dan surutnya tidak terlalu jauh sehingga dirasa sangat memenuhi kriteria sebagai tempat pembuatan Bank Ikan. Kemudian kita mengusulkan kepada Babinsa dan syukur alhamdulilah direspon melalui program TMMD ini, kami dibantu mulai dari bahan baku seperti jaring hingga pemasangan serta penyiapan ekosistem alami ikan. Sebagai langkah awal kita masih menggunakan jaring untuk jangka pendek namun kedepan juga kita akan merencanakan membuat Bank Ikan dengan pembatas batu agar dapat tahan lebih lama dan mudah dalam perawatannya. (Penrem 152/Bbl)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kelompok Nelayan Desa Dodaga Praktekan Pembuatan Bank Ikan.