TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kemanunggalan TNI dan Rakyat Melalui TMMD-96

By 23 May 2016 19:20Kodam XVI/Patimura
patimura

Wasile (23/05), Kegiatan TMMD-96 yang saat ini memasuki hari ke-22 dan akan ditutup pada tanggal 31 mendatang oleh Kepala Staf Angkatan Darat rupanya memberikan pengalaman dan kisah tersendiri antara anggota Satgas dan masyarakat Kecamatan Wasile dan Wasile Timur.

Sejak pertama dibuka hingga saat ini begitu besar respon dan tingkat partisipasi masyarakat untuk bersama-sama anggota Satgas mengerjakan berbagai pembangunan fasilitas masyarakat seperti jembatan, jalan produksi, fasilitas ibadah, fasilitas umum, jamban, saluran irigasi hingga peningkatan kwalitas SDM, sehingga di hari ke-22 ini seluruh target utama dan tambahan telah 100 % selesai dikerjakan dan melebihi ekspektasi yang diharapkan, hingga saat ini anggota Satgas melakukan beberapa kegiatan tambahan berupa penyempurnaan atas pembangunan tersebut. Selama pelaksanaan TMMD 96 para anggota Satgas tersebut tinggal membaur di rumah-rumah masyarakat, rupanya kebersamaan mereka walaupun masih dalam hitungan hari telah membentuk suatu ikatan emosional yang kuat antara anggota Satgas dengan tuan rumah. selain memberikan pengalaman baru bagi masyarakat itu sendiri rupanya dengan pelaksanaan TMMD 96 ini juga melahirkan kerabat-kerabat baru antara keduanya. Hal tersebut dapat terjadi karena baik kedua belah pihak memiliki suatu niat yang baik serta kesamaan visi untuk membangun daerah agar dapat setara dengan daerah-daerah lain, selain itu juga karakter masyarakat Maluku Utara yang sangat menjunjung tinggi Adat Se Atoran serta ramah tamah membuat kemanunggalan TNI dan Rakyat begitu terasa. Seperti yang diungkapkan salah satu warga Desa Akedaga bernama Sdr. Amir yang mengungkapkan bahwa kehadiran Bapak-bapak TNI dan Polri serta seluruh unsur Satgas TMMD di desa kami sangat diterima dengan baik, karena dengan kehadiran mereka yang membantu kami membangun berbagai fasilitas untuk masyarakat sangatlah membantu, selain itu para keberadaan anggota satgas yang tinggal membaur dengan masyarakat selain memberikan pengalaman baru bagi kita juga mereka sudah kami anggap sebagai saudara kami sehingga ikatan kekerabatan semakin luas. kita sama sekali tidak merasa terbebani dengan keberadaan mereka justru diakhir pelaksanaan TMMD ini kita merasa berat hati untuk melepas kepergian mereka, dimana meskipun perkenalan kita sangatlah singkat namun keramahan dan kebaikan para anggota Satgas memberikan kesan tersendiri untuk kami, semoga kedepannya Desa kami kembali mendapat program-program serupa.

Senada dengan yang disampaikan Dansatgas TMMD 96 Letkol Inf Hendri yang menyatakan bahwa tujuan pelaksanaan TMMD ini salah satunya adalah untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dan Rakyat oleh karenanya kita sengaja menempatkan para personel-personel satgas tinggal membaur dengan masyarakat sekitar. (Penrem 152/Bbl)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kemanunggalan TNI dan Rakyat Melalui TMMD-96