TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kemhan RI Gandeng Korem Dan Lanal Gelar Pembentukan Kader Bela Negara

By 24 May 2016 21:59Kodam XVI/Patimura
lanal

Ternate (24/05), Kementrian Pertahanan Republik Indonesia menyelenggarakan Pembentukan kader Pembina bela negara yang diikuti oleh 200 peserta yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat dari kalangan Pelajar, Mahasiswa, OKP, Tokoh Pemuda dan masyarakat umum dan akan digelar selama 12 hari kalender bertempat di Markas Komando Pangkalan Angkatan Laut Ternate.

Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan yang dihadiri oleh Walikota Ternate DR. H. Burhan Abdurahman, SH, MM, Danlanal Ternate, Kapolres Ternate, Perwakilan Danrem 152/BBl dalam sambutannya Korda Kemhan Malut Kolonel Mar Bambang Hullianto bahwa sebagai wujud tanggung jawabbersama akan pentingnyapembinaan kesadaran bela negara bagi seluruh rakyat Indonesia. Mengingat, masalah bela negara bukan hanya menjadi tanggung jawab Kementerian Pertahanan dan TNI saja akan tetapi menjadi tanggung jawab seluruh pembina sumber daya manusia, baik Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah sesuaidiatur dalam konstitisi kita Undang-Undang Dasar 1945 pasal 27, Oleh karena itu, sebagai realisasi rencana pembangunan tersebut, Kementerian Pertahanan bekerjasama dengan TNI dan Pemerintah Daerah melaksanakan Pembinaan Kesadaran Bela Negara untuk membentuk Kader Pembina Bela Negara pada Tahun 2016 ini.

Dalam kegiatan tersebut para peserta akan mendapatkan materi-materi wawasan kebangsaan, cinta tanah air serta materi-materi lain yang akan diberikan oleh narasumber dari berbagai instansi lintas sektoral baik dari unsure TNI, Polri, Kejaksaan, BNN, Pemerintah Daerah sehingga diharapkan para peserta selaku kader bela Negara dapat memiliki wawasan yang luas selain itu juga akan ada kegiatan-kegiatan lapangan serta pembentukan karakter sebagai bentuk implementasi dan pengayaan dari materi yang telah diberikan sehingga dalam pengaplikasiannya kelak dilapangan para kader tersebut tidak lagi canggung dan dapat menularkan ilmu pengetahuan yang dimilikinya kepada masyarakat disekitarnya.

Dalam keterangannya Direktorat Bela Negara Kolonel Inf Sudi P. Silalahi, S.Sos bahwa kegiatan pembentukan kader bela Negara ini merupakan program dari Kementrian Pertahanan bekerjasama dengan Instansi lintas sektoral di Malut yang bertujuan untuk mewujudkan warga negara yang memiliki kesadaran sikap dan perilaku yang menjungjung tinggi pentingnya aktualisasi nilai-nilai bela negara yaitu cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, serta mempunyai kemampuan awal bela negara baik psikis maupun fisik. Melalui kegiatan ini juga diharapkan akan terbangun karakter disiplin, kerjasama dan kepemimpinan guna turut menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara. Selanjutnya, Kader Pembina Bela Negara tersebut diharapkan mampu menyebarluaskan kesadaran bela Negara kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing melalui kegiatan-kegiatan pembentukan Kader Pembina Bela Negara. (Penrem 152/Babullah)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kemhan RI Gandeng Korem Dan Lanal Gelar Pembentukan Kader Bela Negara