TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Ketahanan Pangan, Kodim 0829/Bangkalan Kembangkan Budidaya Nila

By 24 May 2016 10:30Kodam V/Brawijaya
nila

Bangkalan – Kodim 0829/Bangkalan bersama Dinas Perikanan dan Kelautan (Disnaktan) Kabupaten Bangkalan menggelar soslialisasi Pembinaan Ketahanan Pangan TA. 2016 dengan mengangkat tema “Melalui Pembinaan Ketahanan Pangan Nasional melalui diversifikasi pangan berbasis sumber daya lokal”, sebagai nara sumber Kepala Disnaktan Kabupaten Bangkalan, Bapak Drs. Budi Utomo, M.si. peserta para Babinsa dari masing-masing Koramil di jajaran Kodim 0829 Bangkalan, bertempat di area komplek Makodim 0829/Bangkalan. Selasa 24 Mei 2016.

Kepala Disnaktan Kabupaten Bangkalan, Bapak Drs. Budi Utomo, M.si. menjelaskan bahwa “Budidaya ikan tawar ikan Nila di dasar kolam harus di beri sekam karena untuk mengatur sirkulasi suhu dingin di dasar kolam,” jelasnya.

Disnaktan Kabupaten Bangkalan juga akan mendukung benih ikan, atas inovasi dan kreativitas Kodim 0829/Bangkalan ini, sebanyak ± 1.000 s.d 1.500 benih ikan. Setelah selesai sosialisasi kegiatan dilanjutkan dengan penebaran benih ikan di lahan yang sudah disiapkan oleh Kodim 0829/Bangkalan.

Kodim 0829/Bangkalan mengembangkan budidaya ikan Nila. Hal itu ditandai dengan penebaran 1.000 s.d 1.500 benih ikan nila oleh Dandim 0829/Bangkalan, Letkol Inf Sunardi Istanto bersama Kepala Disnaktan Kabupaten Bangkalan, Bapak Drs. Budi Utomo. Msi.

“Budidaya ikan nila, tidak hanya dilakukan oleh masyarakat saja, akan tetapi seorang prajurit harus dapat memberdayakan lahan yang ada untuk kepentingan bersama,” kata Letkol Inf Sunardi Istanto.

Dilanjutkan, tujuan kegiatan ini adalah untuk menciptakan kelompok usaha yang mandiri, membantu mengembangkan usaha masyarakat yang berprofesi sebagai petani sekaligus untuk mencukupi kebutuhan konsumen dan pasar.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari program meningkatkan ketahanan pangan yang dilaksanakan Kodam V/Brawijaya di Wilayah Bangkalan dengan mengikutsertakan prajurit dan masyarakat,” ujar Dandim 0829/Bangkalan.

Sementara Pasiter Kodim 0829/Bangkalan, Kapten Inf Nurhamsah mengatakan, nantinya anggota Kodim 0829/Bangkalan akan menerapkan budidaya ikan dan akan mengajak masyarakat di wilayah tugas masing-masing yang memiliki lahan di sekitar rumah untuk turut serta dalam budidaya ikan nila. “Hal itu bertujuan meningkatkan kesejahteraan anggota, keluarga dan masyarakat serta menjaga agar ketahanan pangan di wilayah Bangkalan tetap terjaga dengan baik,” kata Pasiter.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Ketahanan Pangan, Kodim 0829/Bangkalan Kembangkan Budidaya Nila