TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodam I/BB Kerjasama Dengan MPR RI Melaksanakan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

By 29 May 2016 01:05Kodam I/Bukit Barisan
mpr

Wakil Ketua MPR RI DR. Oesman Sapta didampingi Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung dan Gubsu Ir. H.T. Ery Nuradi, M.Si membuka kegiatan Sosialisai empat pilar kebangsaan di Lapangan Benteng Jalan Pengadilan Medan, Jum’at (27/5).

Wakil Ketua MPR RI DR. Oesman Sapta dalam sambutannya menyampaikan, bahwa dewasa ini jiwa dan semangat Nasionalisme anak Bangsa semakin luntur dan disamping itu permasalahan yang dihadapi Bangsa ini semakin kompleks. Kompleksitas permasalahan yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia bukan hanya dibidang Politik, Ekonomi, Sosial Budaya dan Pertahanan Keamanan Negara saja, melainkan masalah kerukunan beragama dan Ideologi Bangsa merupakan masalah yang sangat berpotensi terjadinya Disintegrasi Bangsa, apalagi semangat kebangsaan, paham kebangsaan dan jiwa Nasioanalisme warga Bangsa khususnya generasi muda semakin luntur. Dihadapkan dengan permasalahan tersebut pimpinan MPR RI sangat memandang perlu dilaksanakannya kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan yang meliputi : Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI kepada seluruh elemen masyarakat di tanah air.

Lebih lanjut Wakil Ketua MPR RI DR. Oesman Sapta menyampaikan kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan sudah dilaksanakan di 18 wilayah provinsi dan untuk diwilayah Sumatera Utara khususnya di Kota Medan merupakan kegiatan sosialiosasi yang sangat meriah karena dihadiri sekitar 2.000 orang lebih warga masyarakat yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Pemda, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ormas, OKP, Para Rektor dan Mahasiswa/Mahasiswi sewilayah Medan. DR. Oesman Sapta mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Pangdam I/BB dan Pemprov Sumut atas terselenggaranya kegiatan tersebut, karena kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di Medan merupakan kegiatan yang paling besar jika dibandingkan dengan daerah lainnya.

Sementara itu Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung sangat mengapresiasi bahwa kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan yang dilaksanakan oleh Wakil Ketua MPR RI Bapak DR. Oesman Sapta beserta rombongan, karena kegiatan tersebut sangat penting dilakukan dalam rangka memberikan pemahanan dan pengertian kepada seluruh anak Bangsa, sehingga nilai-nilai kebangsaan dapat menjadi kesadaran bagi masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Lebih lanjut Pangdam I/BB berharap, kegiatan sosialisasi yang dilaksakan oleh Bapak DR. Oesman Sapta bukan hanya diwilayah Sumut dan Sumbar saja melainkan dilaksanakan juga diwilayah Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau, karena wilayah teritorial Kodam I/BB meliputi empat Provinsi.

Pada kesempatan yang sama Gubsu Ir. H.T. Ery Nuradi, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa wilayah Provinsi Sumut dihuni oleh multi etnis, baik ditinjau dari suku, adat istiadat dan agama. Oleh karena itu kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan atau yang dikenal dengan empat konsensus dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sangat penting dilaksanakan. Gubsu sangat mengapresiasi Wakil Ketua MPR RI Bapak DR. Oesman Sapta beserta rombongan dan Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan tersebut dan kegiatan sosialisasi ini juga akan dilaksanakan di daerah Balige Kabupaten Taput.

Kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan selain dihadiri lebih kurang lebih 2.000 orang berbagai elemen masyarakat Kota Medan juga dihadiri oleh unsur FKPD Pemprov Sumut, Ketua FKUB Sumut, FKPD Kota Medan, Ketua MPW Pemuda Pancasila Sumut, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh OKP dan Prajurit TNI-Polri Se Kota Medan.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodam I/BB Kerjasama Dengan MPR RI Melaksanakan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan