TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 0111/Bireuen Menerima Penyuluhan Kesehatan dari Tim Denkesyah 04.01 LW

By 04 May 2016 11:43Kodam Iskandar Muda
kes3

Bireuen, Sebanyak 280 Prajurit dan PNS Kodim 0111/Brn menerima penyuluhan kesehatan dari tim Denkesyah 04.01 LW mengenai gejala penyakit stroke dan jantung, bertempat di Aula Makodim 0111/Brn, Kamis (28/4).

Dandenkesyah 04.01 Letkol Ckm dr Abdul Alim, SpPD menjelaskan bahwa penyakit jantung koroner adalah penyumbatan atau penyempitan pada pembuluh darah koroner akibat kerusakan lapisan dinding pembuluh yang diikuti oleh penebalan dan kekakuan pembuluh tersebut (aterosklerosis).

Beberapa Faktor resiko penyakit jantung koroner adalah sebagai berikut : merokok, hipertensi, diabetes mellitus, diet : tinggi lemak jenuh dan kolesterol, peningkatan kadar kolesterol total dan LDL, Kadar Kolesterol HDL rendah, obesitas, dan kurang aktivitas fisik dan salah satu upaya pencegahan adalah pola makan yang baik, gunakan aneka ragam bahan makanan, dengan makanan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Batasi penggunaan garam dapur, anjuran maksimum sebanyak 5 gram per hari (WHO).

Garam Natrium yang ditambahkan ke dalam makanan dapat berupa ikatan natrium chlorida atau garam dapur, vetsin atau monosodium glutamat, soda kue, natrium benzoat dan nitrit/senyawa yang digunakan untuk mengawetkan daging. Hindari stres dan selalu berdoa adalah kunci menghindari penyakit jantung koroner.

Dalam kesempatan tersebut Dandim 0111/Brn Letkol Arm Adekson berharapkan setelah menerima penjelasan tentang kesehatan ini, para prajurit TNI dan keluarga besar Kodim 0111/Brn harus menyadari betapa pentingnya kesehatan pada tubuh kita ini, untuk itu harus mengetahui bagaimana cara hidup sehat, baik itu melalui mengatur pola makan, seperti makanan yang bergizi, maupun pola latihan, dengan cara berolah raga yang teratur.

Kemudian kurangi pikiran yang mengakibatkan timbulnya stres, serta konsultasi ke dokter jika ada keluhan kesehatan. “Semua itu merupakan upaya dalam pencegahan serangan jantung mendadak maupun terhadap penyakit lainnya,” kata Letkol Arm Adekson.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim 0111/Bireuen Menerima Penyuluhan Kesehatan dari Tim Denkesyah 04.01 LW