TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 0311/Pessel Sosialisasikan Kebijakan Dampak Kependudukan Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan.

By 17 May 2016 15:23Kodam I/Bukit Barisan
pessel

Dandim 0311/Pessel diwakili oleh Danramil 04/Lengayang Kapten Inf M.I Nasution membuka langsung pertemuan Sosialisasi kebijakan dampak kependudukan tingkat Kab. Pesisir Selatan tahun 2016. Forum ini dihadiri oleh Kepala BKKBN Kab. Pessel, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Pessel, para Kepala Puskesmas se Kab. Pessel, para Danramil se jajaran Kodim 0311/Pessel, Babinsa se jajaran Kab. Pessel serta perwakilan dari masyarakat bertempat di Aula Makodim 0311/Pessel.

Sambutan Dandim 0311/Pessel yang dibacakan oleh Danramil 04/Lengayang Kapten Inf M.I Nasution mengatakan bahwa program kependudukan dan keluarga berencana di era revormasi juga sedikit mengalami penurunan, mengakibatkan laju pertumbuhan penduduk setiap tahunnya bertambah 1,3 persen artinya jumlah penduduk indonesia bertambah 3,2 juta jiwa per tahun penduduk besar sangat berpotensi menjadi beban pembangunan tercermin dari beratnya beban pemerintah pusat dan daerah untuk menyediakan berbagai pelayanan publik seperti pendidikan , kesehatan, perumahan, lapangan Kerja, lingkungan hidup dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, bukan hal yang aneh apabila masalah kependudukan menjadi tanggung jawab semua pihak untuk mencari dan ikut aktif dalam upaya pemecahannya, maka perlu diadakan rapat koordinasi sebagai evaluasi program yang telah kita laksanakan dan pemaparan renvana kerja program yang akan kita laksanakan berikutnya. Rapat ini dimaksud untuk memberi gambaran kepada tiap unsur terkait tentang rencana penyelenggaraan kegiatan bhakti sosial tni-kb kesehatan terpadu 2016 di wilayah kodim 0311/pessel dengan tujuan sebagai pedoman dalam pelaksanaan kegiatan bhakti sosial tni-kb kes terpadu tahun 2016. Kegiatan bhakti tni-kb kes terpadu ini disamping sebagai wujud kepedulian tni terhadap masa depan anak bangsa juga bertujuan untuk mendorong dan mengajak masyarakat khususnya para kepala keluarga dalam melaksanakan program kb sesuai dengan kebijakan dan strategi yang telah dicanangkan pemerintah yaitu gerakan pembangunan berwawasan kesehatan menuju indonesia sehat.

Dalam paparannya Ketua BKKBN Kab. Pessel menyampaikan bahwa ada Pengendalian Kuantitas Penduduk Kab. Pessel, yaitu (1). memberikan arah pelaksanaan kebijakan pembangunan kependudukan khususnya kebijakan pengendalian kuantitas penduduk di Kab. Pessel; (2). mewujudkan Penduduk Tumbuh Seimbang; (3). penataan persebaran penduduk yang serasi sesuai dengan daya dukung alam dan daya tampung lingkungan; (4). pengarahan mobilitas penduduk keruangan penduduk agar serasi, selaras, dan seimbang dengan daya dukung alam dan daya tampung lingkungan; (5). tercapainya kualitas penduduk yang tinggi sehingga mampu manjadi faktor penting dalam mencapai kemajuan bangsa; (6). mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan untuk menciptakan perbandingan ideal antara perkembangan kependudukan dengan daya tampung alam dan daya tampung lingkungan serta memenuhi kebutuhan generasi sekarang tanpa harus mengurangi kemampuan dan kebutuhan generasi mendatang.
Atas dasar itulah Kodim 0311/Pessel dan BKKBN Kab. Pessel serta stakeholder lainnya, secara terus menerus berperan aktif dalam memberikan saran masukan yang konstruktif, sebagai upaya mendorong pengendalian pertumbuhan penduduk melalui perumsuan kebijakan dan penyusunan langkah strategis guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Kodim 0311/Pessel Sosialisasikan Kebijakan Dampak Kependudukan Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan.