TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 0829/Bangkalan Gencar Sosialisasi Bahaya Narkoba

By 18 May 2016 11:49Kodam V/Brawijaya
narkoba

Bangkalan – Pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan obat narkotika, psikotropika dan bahan adiktif terlarang atau narkoba menjadi target utama hampir di setiap instansi, termasuk Kodim 0829/Bangkalan. Hal ini dibuktikan juga dengan makin gencarnya sosialisasi bahaya narkoba di setiap satuan bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Bangkalan. Rabu 18 Mei 2016.

Kali ini, penyuluhan bahaya narkoba diberikan kepada sekitar 200 anggota militer dan PNS Kodim 0829/Bangkalan bertempat di Aula Manunggal Kodim 0829/Bangkalan.

Penyuluhan bahaya narkoba dengan tema Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap narkoba kepada Prajurit dan PNS dilakukan oleh Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan dr. Ika Rahmawati.

Komandan Kodim 0829/Bangkalan Letkol Inf Sunardi Istanto, melalui Kepala Staf Kodim 0829/Bangkalan, Mayor Inf Mahmudi mengatakan, penyalahgunaan dan peredaran Narkoba saat ini menjadi masalah yang sangat memperhatinkan dan cenderung meningkat. pelaksanaan penyuluhan bahaya narkoba merupakan program dari Staf Intel Kodim dengan tujuan memberikan gambaran tentang kesehatan dan pengetahuan bahaya narkoba.diharapkan seluruh anggota TNI dan PNS Kodim 0829/Bangkalan agar semua bebas dari narkoba.

Sosialisasi tersebut sejalan dengan langkah yang ditempuh Kodim 0829/Bangkalan pada Triwulan II Tahun 2016 untuk mewujudkan penjabaran dari Komando Atas.

“Diharapkan kegiatan sosialisasi/penyuluhan seperti ini diikuti dengan seksama, karena sangat bermanfaat, dimana informasi-informasi tentang narkoba menjadi masukan bagi kita dan akan menjadi tolak ukur dalam mengantisipasi peredaran narkoba di wilayah masing-masing Koramil,” harapnya.

Sementara itu, dr. Ika Rahmawati dalam penyuluhan menyampaikan, “Narkoba merupakan Racun yang sangat mematikan. Bahaya Narkoba juga bisa membuat orang menjadi gila sehingga bisa menghancurkan masa depan. “Kita akan terus melakukan memberantas Narkoba karena Narkoba akan menghancurkan generasi muda , “ jelasnya.,

Lebih lanjut dr. Ika Rahmawati, menjelaskan “Kita semua sudah mengerti tentang bahaya Narkoba.Narkotika dibagi menjadi 3 golongan, yang meliputi pertama, Golongan 1 : heroin, kokain dan ganja.dapat menyebabkan ketergantungan, kedua, Golongan 2 : morfin,petidin dan turunan garam.digunakan utk terapi kesehatan dapat menyebabkan ketergantungan dan ketiga Golongan 3 : kodein.berkhasiat dalam pengobatan dan terapi potensi kesehata.dapat menyebabkan ketergantungan.

“Sedangkan Psikotropika dibagi menjadi 3 golongan, diantaranya, pertama, Golongan 1 : MDMA ekstasi LSD dan ST.digunakan utk terapi kesehatan dan menyebabkan ketergantungan. pedua, Golongan : fenobarbital dan flunit.digunakan utk terapi potensi sedang dan dapat menyebabkan ketergantungan, dan ketiga Golongan 3 : diasepam.digunakan utk obat tidur dan bisa ketergantungan,” urainya.

“Dengan diadakannya Penyuluhan Bahaya Narkoba diharapkan Seluruh Anggota dan PNS Kodim 0829/Bangkalan akan bebas dari Narkoba dan menjauhi Narkoba.karena Narkoba sangat berbahaya dan merusak masa depan bangsa,” pungkasnya.

Kodim 0829/Bangkalan Gencar Sosialisasi Bahaya Narkoba