TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim Cetak sawah 100 ha di Flotim

By 06 May 2016 06:24Kodam IX/Udayana
xs3

Salah satu upaya percepatan dalam mendukung program swa sembada pangan, Kodim 1624/Flotim bersama Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Flotim mendapatkan pagu cetak sawah dari Komando atas seluas 100 ha di Kab. Flotim, demikian disampaikan Dandim 1624/Flotim Letkol Inf Dadi Rusyadi,SE, usai kegiatan ritual adat sebagai tanda di mulainya Cetak Sawah, Rabu (04/05), di Desa Hewa Kec Wulanggitang.

Dari 100 ha  cetak sawah di Kab. Flotim ini, terdiri dari dua lokasi yaitu di wilayah Koramil 1624-06/Boru dan Wilayah Koramil 1624-02/Adonara.

Kali ini, kita mulai kegiatan cetak sawah di Wilayah Koramil 1624-06/Boru di Desa Hewa Kec Wulanggitang seluas 84 ha, yang terlebih dahulu di awali dengan acara ritual adat di pimpin oleh tokoh adat setempat.

Untuk di wilayah Koramil 1624-02/Adonara rencana kegiatan Cetak sawah akan di mulai pekan depan, Senin  09 Mei 2016 di Desa Wure Kec Adonara Barat Kab. Flotim seluas  16 ha, jelas Dandim 1624/Flotim.

Lebih lanjut, bahwa kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan mekanisme cetak sawah yang telah dijelaskan oleh direktur pengolahan dan perluasan lahan Ditjen PSP Kementan RI di tingkat pusat, kemudian diturunkan sampai pada tingkat Dinas Pertanian berupa Naskah kerja sama atau Nota Kesepahaman di tingkat Kabupaten di wilayah Kodim 1624/Flotim yang meliputi Kab. Flotim dan Kab.Lembata.

Pada tahap perencanaan meliputi Tahap CP/CL, Survey Investigasi design (SID) dan penyusunan Amdal/UKL/UPL, sedangkan pada tahap pelaksanaan ini  yaitu pertama Konstruksi Perluasan Sawah, kedua kegiatan utama yaitu pembukaan/pembersihan lahan (land clearing) dan perataan lahan (land lavelling), ketiga buat pematang sawah/petak sawah, dan yang terakhir pengolahan lahan siap tanam.

Kita semua berharap, pada satu sisi kegiatan ini dapat berjalan sesuai dengan apa yang telah kami rencanakan dalam rangka mendukung progran swa sembada pangan, tetapi di sisi lain,  CPCL Cetak Sawah yang telah ada, Calon Petani sudah terdaftar dan  Calon Lahan juga telah SID, dalam perjalanannya tidak ada hambatan yang berarti, sehingga Cetak Sawah ini bisa segera terwujud, harap Dandim 1624/Flotim.

Disinilah peran Danramil dan Babinsa bersama UPTD serta PPL, sebagai ujung tombak di lapangan, untuk secara aktif terjun langsung bersama Pok Tani memberikan sosialisasi tentang cetak sawah dengan melihat potensi wilayah setempat, tegas Dandim 1624/Flotim.

Usai kegiatan ritual adat sebagai tanda dimulainya kegiatan cetak sawah ini, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan tatap muka Dandim 1624/Flotim bersama 7 poktan  Calon Petani pemilik lahan sawah.

Tampak hadir dalam kegitan ini Wakil Bupati Flotim Bpk Valentinus S tukan, Staf BPIP NTT Bpk Amirudin pohan,  Camat Wulanggitang Bpk Wuni baldus redopajo, Kades Hewa Ibu Maria petronila niron serta para tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda setempat

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim Cetak sawah 100 ha di Flotim