TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Koramil 20/Buayan Bersama Rakyat Karya Bakti Bantu Korban Longsor

By 16 May 2016 07:07Kodam IV/Diponegoro
1

KODIM 0709/KEBUMEN, Akibat hujan deras yang melanda kawasan Kec. Buayan Kab. Kebumen mengakibatkan longsornya tebing setinggi 20 meter dan menimpa pemukiman warga di Desa Karangbolong Kec. Buayan Kab. Kebumen, Minggu (15/5/16).

Danramil 20 Buayan Kapten Czi Paulus Souhuwat beserta seluruh anggota dengan dibantu sejumlah masyarakat melaksanakan kegiatan penanggulangan bencana tanah longsor di Desa Karangbolong wilayah Koramil 20/Buayan yang menimpa 9 rumah warga.

Akibat peristiwa tersebut 3 rumah warga mengalami rusak berat yakni Sukimin, Samikem dan Marlan. Dalam pelaksanaan karya bakti yang dipimpin Koramil 20/Buayan mengerahkan sedikitnya 10 anggota Koramil 20/Buayan, 4 orang dari Polsek Buayan, 2 orang dari personel kecamatan dan 60 orang masyarakat.

Pengerahan di pusatkan pada  3 rumah warga yang mengalami rusak berat dengan dibantu masyarkat setempat.  Sementara itu rumah yang mengalami rusak ringan penanganan dilakukan secara swadaya tenaga masyarakat.

“Mengingat volume longsoran di 3 rumah yang rusak parah dengan medan cukup sulit sehingga alat berat tidak bisa masuk ke lokasi longsor, sehingga tetap dilaksanakan secara manual diperkirakn bisa memakan waktu hingga 1 minggu, “ kata Danramil 20/Buayan Kapten Czi Paulus Souhuwat saat ditemui dilokasi kegiatan.

Menurut keterangan Pasi Ops Kodim 0709/Kebumen Kapten Inf Suwarno, pihaknya akan mengerahkan personel tambahan sebanyak 30orang ke lokasi tanah longsor guna mempercepat pemulihan mengingat medan cukup sulit ditempul alat berat.

Lokasi terberat dari ke 3 rumah warga yang mengalami rusak berat yakni milik Sukimin warga Dukuh Keboranda RT 2/3 Desa Karangbolong Kec. Buayan yang mengalami jebol pada dinding bagian rumah. Demi keamanan personel kegiatan masih akan dilanjutkan esok hari mengingat hujan mulai turun dikhawatirkan adanya longsor susulan mengingat kondisi tebing yang cukup labil. (Pard).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Koramil 20/Buayan Bersama Rakyat Karya Bakti Bantu Korban Longsor