TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Koramil Benowo Bangun Jamban Untuk Warga Tambak Oso Surabaya

By 15 May 2016 14:16Kodam V/Brawijaya
e

Kodim 0830/Surabaya melalui Koramil 0830/06 Benowo, melaksanakan kegiatan program jamban. Pembuatan jamban untuk warga tersebut merupakan program sanitasi total berbasis masyarakat di rumah warga Ibu Sarpiah RT 04 RW 2 Kelurahan Tambak Oso Benowo Kota Surabaya, Minggu  (15/5).

Danramil 0830/06 Benowo, Mayor Arm Sugiyanta mengatakan “program ini merupakan program penyediaan sarana sanitasi jamban sehat (hygiene sanitation) berbasis masyarakat. Serta, meningkatkan kesadaran masyarakat untuk stop buang air besar (BAB) sembarangan. Program stop BAB sembarangan dilakukan melalui kegiatan penyuluhan yang bersifat edutainment untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat akan pentingnya kesehatan lingkungan dan pembuatan jamban”, terang Danramil.

Menanggapi program sejuta jamban yang dicanangkan pemerintah, warga masyarakat setempat merespon dengan ucapan terimakasih dan menyambutnya dengan antusias untuk membantu menyukseskan program tersebut. Sebab, sebelumnya warga setempat terbiasa BAB di sungai.

“Saya sangat senang dan berterimakasih mendapat bantuan pembuatan jamban, sehingga kami tidak perlu lagi buang air di sungai,” kata Sarpiah dengan mata berbinar.

Mayor Arm Sugiyanta, menyatakan bahwa, kebutuhan jamban sesuai data masyarakat yang belum memiliki jamban untuk Kota Surabaya masih banyak, walau mereka tinggal di kota besar.

“Menurut laporan dari Babinsa yang belum memiliki jamban di wilayah Kota Surabaya masih membutuhkan puluhan unit,” ungkap Danramil.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Koramil Benowo Bangun Jamban Untuk Warga Tambak Oso Surabaya