TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Koramil Bersama Satgas Yonif 509/K Berikan Materi  Pelajaran Pancasila dan Pelatihan PBB

By 04 May 2016 13:31Kodam XVII/Cenderawasih
photo_2016-05-04_14-33-44

Bertempat di SD YPPGI Kp Bukapa Distrik Kamuu Kab. Dogiyai Babinsa Koramil 1705-06/Moanemani Serka Depris Pipa dan  Serda Daniel Tanawani bersama 4 anggota Satgas Pamrahwan Yonif 509/K yang dipimpin Dantonnya Letda Infanteri Arif Yudha. Rabu (4/5).

Pada kegiatan ini Danton Satgas Pamrahwan Yonif 509/K Letda Inf Arif Yudha memberikan materi pengetahuan tentang wawasan kebangsaan terutama pemahaman nilai nilai pancasila dan arti pancasila secara umum.

Pancasila adalah dasar Negara  Kesatuan Republik Indonesia yang memiliki Panca yang artinya 5 Dasar bagi setiap Warga Republik Indonesia. Dengan Dasar pertama dari Pancasila adalah Ketuhanan yang Maha Esa yang berarti seluruh Warga Indonesia wajib memiliki Agama sesuai kepercayaannya masing-masing dan tidak boleh menggangu kepada penganut agama yang lain.

Lanjut Letda Arif Yudha mengatakan pada Dasar Pancasila yang kedua adalah Kemanusiaan yang adil dan beradab yang berarti manusia Indonesia wajib  memiliki tingkah laku yang baik dan dapat diterima oleh manusia yang lain.

Pada Sila ke tiga Persatuan Indonesia yang berarti warga Indonesia harus meiliki jiwa bersatu untuk kebaikan. Pada Sila ke Empat Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan yang artinya Rakyat indonesia dipimpin oleh Pemerintah mulai dari tingkat Rukun tetangga, rukun warga, kepala kampung, kepala Distrik, Bupati, Gubernur dan Presiden. Pada Sila Kelima Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yang berarti bahwa seluruh warga Republik Indonesia berhak mendapat kehidupan yang layak dan sama dengan kehidupan warga yang lain.

Pada materi selanjutnya adalah materi Peraturan Baris Berbaris dan penghormatan yang diberikan materi oleh Babinsa Koramil Serka Depris Pipa adapun materi tersebut adalah baris berbaris pindah tempat dan tata cara penghormatan yang benar dari posisi tangan,  baik saat menghormat ataupun saat posisi tangan turun, dan materi yang lain adalah lencang kanan

Maksud dari kegiatan ini adalah untuk menanamkan nilai-nilai pancasila kepada setiap siswa-siswi mulai sejak dini pada usia masa perkembangan sehingga diharapkan masing masing siswa mengerti akan maksud yang terkandung dalam nilai nilai Pancasila karena mereka adalah generasi penerus bangsa pada masa akan datang.

Adapun sambutan bapak kepala sekolah SD YPPGI BUKAPA bp Sutikno adalah ucapan terimakasih kepada Koramil dan Satgas 509/K yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan materi dan pelatihan dengan  harapan siswa siswinya paham akan arti Pancasila dan pelatihan yang telah disampaikan oleh bapak TNI.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Koramil Bersama Satgas Yonif 509/K Berikan Materi  Pelajaran Pancasila dan Pelatihan PBB