TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Masyarakat Ucapkan, “Terima Kasih TNI, Kami Bisa Produksi Sayur 47 Ton Sehari”

By 16 May 2016 11:28Kodam I/Bukit Barisan
sayuran

Korem 032/Wbr,- Sebagai progaram untuk membantu desa dalam memperbaiki sarana prasarana, program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) cukup membantu masyarakat menuju kekehihidupan lebik layak. Hal itu dirasakan langsung oleh masyarakat Nagari Salimpaung, Kecamatan Salingpaung, Kabupaten Tanah Datar. Dengan dibangunnya beberapa ruas jalan pertanian, irigasi serta rehab rumah, lahan yang dulunya mati sekarang sudah mampu berproduksi, seperti padi dan sayur mayur lainnya.

Dalam program TMMD tersebut, TNI bersama pemerintah daerah juga memperioritaskan rehab rumah penduduk. Bahkan dari 13 rumah yang masuk kedalam daftar rehab, 11 diantaranya dibangun baru dikarenakan kondisi rumah memang sangat tidak layak untuk ditempati.

“Kami sangat berterimakasih sekali kepada pemerintah daerah dan TNI yang sudah memperhatikan kami, sehingga kami yang dulu tinggal dirumah yang tidak memiliki listrik bahkan sangat tidak layak untuk ditempati, namun sekarang kami dibuatkan rumah yang bagus.” ungkap Asnimar bercucuran air mata, didampingi suami Adrius yang keseharian bekerja sebagai pengembala sapi.

Salimpaung secara umum merupakan wilayah yang mempunyai potensi dalam produksi pertanian. Dengan adanya program TMMD yang membangun ruas jalan dan jembatan untuk akses pertanian, daerah yang dulunya hanya memproduksi sayur mayur sedikit, namun pada saat ini daerah tersebut mampu memproduksi sayur mayur berfariasi sebanyak 47 ton sayuran perminggu.

“Alhamdulillah, saat ini kami lahan kami yang duli mati tidak tergarap dikarenakan tidak adanya akses jalan, saat ini hasil produksi lahan pertanian kami cukup memuaskan. Selain Padi yang diolah untuk makan masyarakat sehari-hari, kami juga mampu memenuhi permintaan daerah lain seperti Riau, Kepri dan Batam untuk kebutuhan sayur mayur seperti cabe, mentimun, kacang buncis, kacang panjang, kol dan sayuran lainnya. Kata Walinagari Salimpaung Abu Bakar.

Sementara Dandim 0307 Tanah Datar, Bagus Tri Kuntjoro mengatakan, TMMD adalah salah satu wujud Operasi Bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat. Masyarakat dilibatkan langsung dalam pengerjaan program tersebut.

“Dalam program ini, TNI juga melibatkan masyarakat untuk pengerjaan pembukaan dan pengerasan jalan sepanjang 3400 meter di jorong Nan duo suku Nagari Salimpaung, kemudian pembuatan saluran irigasi sepanjang 980 meter di Jorong nan Duo Suku juga Nagari Salimpaung.” Ungkap Dandim, Sabtu (14/5).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Masyarakat Ucapkan, “Terima Kasih TNI, Kami Bisa Produksi Sayur 47 Ton Sehari”