TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Melalui Klinik Pancasila, Kodam Jaya Bangun Generasi Muda yang Berjiwa Pancasila

By 31 May 2016 07:21Kodam Jaya
kodamjaya

Sesuai fakta sejarah, Pancasila tidak terlahir dengan seketika, tetapi membutuhkan proses penemuan yang lama, dengan dilandasi oleh perjuangan bangsa dan berasal dari gagasan dan kepribadian bangsa Indonesia sendiri. Proses konseptualisasi yang panjang ini ditandai dengan berdirinya organisasi pergerakan kebangkitan nasional, partai politik dan sumpah pemuda.

Dewasa ini banyak masyarakat Indonesia yang hanya menjadikan Pancasila sebagai Simbol belaka, bahkan mengesampingkan atau tidak mengenal Pancasila. Derasnya arus Globalisasi salah satu faktor mengapa banyak generasi muda yang tidak menyadari arti penting Pancasila dalam kehidupan bernegara di Republik Indonesia ini.

Oleh karena itu Kodam Jaya merasa perlu melawan Ancaman dari derasnya arus globalisasi terhadap Pancasila yang tidak bisa dipandang sebelah mata dengan menyelenggarakan Klinik Pancasila dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila pada 1 Juni 2016.

Kegiatan ini diselenggarakan semata hanya untuk membuka mata dan mengetuk hati serta menanamkan kembali ideologi Pancasila yang saat ini terus diterpa oleh pengaruh budaya asing (Westernisasi) yang begitu mudah masuk dan menyusupi setiap sendi kehidupan masyarakat Indonesia.

Melalui klinik Pancasila, Kodam Jaya akan masuk kedalam sekolah-sekolah di Ibukota DKI Jakarta dengan menyampaikan tentang sejarah, latar belakang Pancasila dijadikan dasar Negara, Mengapa 1 Juni diperingati sebagai hari lahir Pancasila dan 1 Oktober sebagai hari kesaktian Pancasila serta segala sesuatu yang berkaitan dengan Pancasila.

Kodam Jaya begitu peduli terhadap lunturnya nilai nilai Pancasila yang akan merubah pola pikir masyarakat itu sendiri dalam berbagai aspek kehidupan. Hal ini kami khawatirkan akan menyebabkan masyarakat Indonesia melupakan ‘siapa dirinya sesungguhnya’, yaitu warga negara Indonesia yang berdasarkan kepada Pancasila.

Dapat dibayangkan apabila sebagai warga negara Indonesia, akan tetapi kita tidak memiliki ciri khusus dan jati diri sebagai orang Indonesia. Pancasila sebagai dasar negara dan ciri-ciri Indonesia adalah suatu patokan dan acuan bangsa Indonesia dalam menjalankan seluruh aspek kehidupan POLEKSOSBUDHANKAM.

Lebih lanjut seluruh nilai-nilai yang terkandung dalam setiap butir poin Pancasila, dari sila pertama sampai sila kelima sejatinya adalah suatu nilai luhur yang apabila diimplementasikan kedalam kehidupan POLKESOSBUDHANKAM akan membawa bangsa Indonesia ini menuju negara yang maju dan sejahtera.

Kodam Jaya berharap segenap masyarakat turut mendukung untuk menanamkan kembali Pancasila didalam jiwa masyarakat Indonesia agar terciptanya Masyarakat Indonesia yang Pancasilais. Autentikasi : Kapendam Jaya Kolonel Inf Heri Prakosa Ponco Wibowo

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Melalui Klinik Pancasila, Kodam Jaya Bangun Generasi Muda yang Berjiwa Pancasila