Skip to main content
Kodam I/Bukit Barisan

Pangdam I/BB Buka Penataran Kemampuan Teritorial Tersebar Kodam I/BB TA. 2016

Dibaca: 10 Oleh 12 Mei 2016Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung diwakili Kasdam I/BB Brigjen TNI Widagdo Hendro Sukoco buka Penataran Kemampuan Teritorial Tersebar Kodam I/BB TA. 2016 di Aula Ajendam I/BB Jln. Gatot Subroto Km. 7,5 Medan, Rabu (11/5).

Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung dalam sambutannya yang dibacakan Kasdam I/BB Brigjen TNI Widagdo Hendro Sukoco mengatakan, guna mendukung keberhasilan tugas pokok TNI pada Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP), salah satunya akan dipengaruhi oleh kondisi teritorial yang sangat dinamis.Tugas satuan Komando kewilayahan TNI tidak akan pernah terlepas dan selalu akan dipengaruhi oleh kondisi geografi, demografi dan kondisi sosial yang harus tetap diperjuangkan  untuk dijadikan ruang alat dan kondisi juang yang tangguh didukung oleh seluruh kekuatan sosial sehingga terbentuk pola pertahanan negara yang defensif strategis. Oleh karena itu dalam rangka mempersiapkan kemampuan prajurit satuan Komando kewilayahan TNI, maka tugas-tugas tersebut salah satunya dipersiapkan melalui fungsi teritorial tni yang secara terus menerus mengum-pulkan, mengolah dan meng-analisa data teritorial TNI yang dilakukan dengan kegiatan pembinaan teritorial oleh TNI AD, pembinaan potensi maritim oleh TNI AL dan pembinaan potensi dirgantara oleh TNI AU.

Baca juga:  Sambut Perayaan Natal, Satgaster Koramil Persiapan Bibida Asal Kodam I/BB Berbagi Kebahagiaan Dengan Warga Bibida

Lebih lanjut Pangdam I/BB menyampaikan, penataran teritorial bertujuan untuk meningkatkan kemampuan teritorial bagi prajurit satuan Komando kewilayahan TNI dalam rangka menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh. Disamping itu untuk mewujudkan prajurit satkowil TNI yang menguasai lima kemampuan teritorial, sikap teritorial, serbuan teritorial, sejarah teritorial dan metode Binter (Komsos, Bintahwil dan Bakti TNI). Selanjutnya diharapkan dapat meningkatkan keterampilan, etos kerja yang tinggi, kreatifitas, inovasi dan leadership dilingkungannya serta meningkatnya kemampuan daya tangkal terhadap setiap permasalahan yang dapat menggangu stabilitas wilayah nasional.

Peningkatan kemampuan merupakan faktor penting dalam menentukan keberhasilan setiap pelaksanaan tugas, untuk itu penataran sebagai langkah kesiapan menghadapi berbagai perkembangan situasi Bangsa baik dalam situasi kondusif maupun untuk menghadapi gejolak yang terjadi di wilayah. Sesuai dengan tema yang diangkat pada penataran teritorial tersebar yaitu : “Melalui penataran teritorial tersebar, kita tingkatkan pembinaan teritorial satkowil TNI guna menyiapkan rak juang yang tangguh”. Tema tersebut mencerminkan tingginya komitmen dan rasa tanggung jawab Komando untuk senantiasa berupaya menjadikan prajurit Satkowil TNI yang profesional selaku ujung tombak Komando kewilayahan.

Baca juga:  Pangdam I/BB: Prajurit Harus Seperti Ilmu Padi

Kegiatan Penataran Kemampuan Teritorial Tersebar Kodam I/BB TA. 2016 diikuti 82 orang peserta dari ketiga Matra TNI (AD, AL dan AU) yang akan dilaksanakan selama 3 hari.

Hadir dalam kegiatan tersebut Aster Kasdam I/BB.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel