TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam VI/Mlw Terima Kapusrehap Kemhan Laksamana Pertama Dr. Janti Undari

By 10 May 2016 13:21Kodam VI/Mulawarman
1

Balikpapan, (10/05)  Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, S.I.P., di ruang kerjanya di Balikpapan Selasa, 10 Mei 2016, menerima kedatangan Kepala Pusat Rehabilitasi Kementrian Pertahanan (Kapusrehap) Laksamana Pertama dr. Janti Undari MKK., Msi (Han) beserta rombongan Tim Sosialisasi yang akan melaksanakan sosialisasi pelaksanaan terpadu bagi penyandang disabilitas personil TNI di wilayah Kodam VI/Mulawarman.

Melalui perbincangannya dengan Pangdam VI/Mlw, Kapusrehap menyampaikan maksud dan tujuan pelaksanaan sosialisasi terpadu bagi penyandang disabilisai personil TNI di wilayah Kodam VI/Mulawarman.  Dijelaskan bahwa, memulihkan dan mengembangkan kemampuan fisik, keterampilan, mental dan sosial agar penyandang disabilitas lepas dari ketergantungan kepada orang lain, tumbuh percaya diri, dapat melaksanakan fungsi sosial dalam masyarakat sesuai kemampuan sehingga menjadi insan yang mandiri dan produktif. Usai mengadakan pertemuan dengan Pangdam VI/Mlw dilanjutkan dengan Sosialisasi yang berlangsung di Aula Makodam VI/Mlw.

Dalam sambutan tertulis Pangdam VI/Mlw yang dibacakan oleh Kakesdam VI/Mlw Kolonel Ckm dr. Paskah Saragih menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan ini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah kepada para penyandang disabilitas. Selain pendataan personel penyandang disabilitas juga akan dijelaskan beberapa hal yang berkaitan dengan bagaimana pelayanan rehabilitasi medik dan rencana program rehabilitasi bagi penyandang disabilitas sehingga nantinya bisa mandiri dan produktif.

Pangdam berharap kepada para peserta sosialisasi agar mengikuti dan menyimak seluruh materi yang diberikan sehingga terjalin komunikasi yang konstruktif. Tanyakan apabila ada hal-hal yang kurang jelas atau ada permasalahan yang perlu penjelasan sehingga apa yang disampaikan oleh tim sosialisasi dapat dipahami dan dimengerti.

Di penghujung sambutannya, Pangdam menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ibu Laksamana Pertama TNI dr. Janti Undari, MKK., Msi (Han) beserta rombongan atas kesediaannya untuk memberikan Sosialisasi kepada personel Kemhan dan TNI yang ada di wilayah Balikpapan.

Sementara itu Kapusrehap Kemhan RI Laksamana Pertama dr. Janti Undari MKK., Msi (Han) dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pusat Rehabilitasi (Pusrehab) adalah unsur pendukung pelaksana tugas dan fungsi pertahanan berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Menteri melalui Sekjen. Pusrehab mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas pokok kementerian di bidang rehabilitasi medik, rehabilitasi vokasional, rehabilitasi sosial, dan pelayanan perumahsakitan.

Kegiatan Rehabilitasi Terpadu ini dilaksanakan secara internal di Pusrehab Kemhan RI Jakarta, dan secara eksternal yang dilaksanakan di wilayah satuan TNI di daerah, dalam berbagai bentuk kegiatan antara lain : rehabilitasi vokasional kelas jauh, akselerasi rehabilitasi terpadu, rehabilitasi sosial berupa bimbingan lanjut dan home visit (kunjungan rumah), rehabilitasi medik keliling,  dan seperti yang sekarang ini adalah kegiatan Sosialisasi Rehabilitasi Terpadu  di wilayah Kodam VI/Mlw, Lanal dan Lanud Balikpapan.

Pada kegiatan Sosialisasi Rehabilitasi Terpadu di Balikpapan ini, akan dipaparkan tentang tugas dan fungsi Pusrehab Kemhan, pendataan penyandang disabilitas, pelayanan rehabilitasi medik berupa pemberian orthose kepada penyandang disabilitas sesuai dengan kondisinya, pelayanan rehabilitasi sosial berupa kunjungan rumah (home visit) ke kediaman penyandang disabilitas sesuai data, dan melakukan koordinasi dengan balai latihan kerja setempat untuk rencana program rehabilitasi vokasional kelas jauh bagi penyandang disabilitas tingkat III yang tidak mampu untuk melaksanakan rehabilitasi di Jakarta.

Di akhir sambutannya, Kapusrehap Kemhan RI Laksamana Pertama dr. Janti Undari MKK., Msi (Han) berharap dengan melalui Sosialisasi Rehabilitasi Terpadu ke daerah ini, sekaligus sebagai sarana untuk melakukan koordinasi terkait dengan data penyandang disabilitas personel Kemhan dan TNI yang ada di satuan daerah dan untuk mendiskusikan permasalahan yang ada pada penyandang disabilitas agar mereka dapat diberdayagunakan di satuan tempat kerja maupun di lingkungan keluarga dan masyarakat.  Diharapkan setiap satuan daerah dapat melaporkan data secara periodik ke Pusrehab Kemhan RI di Jakarta, agar data menjadi lebih valid dan Up To Date, sehingga tujuan untuk mensejahterakan penyandang disabilitas dapat tercapai.

Usia sosialisasi dilanjutkan dengan penyerahan kursi roda secara simbolis dari Kapusrehap Kemhan RI Laksamana Pertama dr. Janti Undari MKK., Msi (Han) kepada Kakesdam Kolonel Ckm dr. Paskah Saragih.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasdam VI/Mlw, Ketua Tim Sosialisasi Laksamana Pertama TNI dr. Janti Undari, MKK., Msi (Han) beserta rombongan, Irdam VI/Mlw, Staf Khusus dan Staf Ahli Pangdam VI/Mulawarman, Danlanal serta Danlanud Balikpapan, para Asisten dan Kabalak Kodam VI/Mlw.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam VI/Mlw Terima Kapusrehap Kemhan Laksamana Pertama Dr. Janti Undari