TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Penghijauan Seribu Pohon di Takengon

By 13 May 2016 15:55Kodam Iskandar Muda
1000

Takengon – Saat ini bumi sedang mengalami masalah yang sangat berbahaya bagi kehidupan manusia di bumi ini. Saat ini lapisan ozon (O3) yang terdapat di atmosfer sebagai pelindungi bumi dari sinar ultra violet yang dipancarkan oleh sinar matahari mulai menipis. Atau peristiwa ini bisa juga disebut sebagai “Global Warming”. Global Warming itu sendiri diakibatkan oleh ulah manusia itu sendiri. Mereka menggunakan bahan-bahan yang mengandung gas-gas beracun misalnya seperti parfum, asap rokok, asap kendaraan bermotor, dll.

Dalam hal ini, untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup serta mengurangi pemanasan global Kodim 0106 dengan Disbunhut Aceh Tengah menyelengarakan penanaman seribu pohon yang dipusatkan di Perkebunan Desa Empu Balik Kecamatan Kute Panang Kabupaten Aceh Tengah Rabu (11/5/16). Kegiatan  penanaman seribu pohon ini juga merupakan program kerja pusat teritorial dalam hal ini penghijauan smester I 2016 Kodim 0106.

Penanaman pertama dilakukan oleh Bupati Aceh Tengah Ir.Nasaruddin MM, dikuti oleh Kasdim 0106/Ateng-BM Mayor Inf Ade Munandar S.I.Pem didampinggi oleh Wakil Ketua Persit KCK CAB XXII Dim 0106 Ny. Devi Ade Munandar, Kapolres Ateng Akbp Dodi Rahmawan SIK, Pabung Mayor Inf Syamsirmas SE, Pasiter Kapten Inf Agus Sutono, Ketua DPR Ateng Mukhsin, Kepala Disbunhut Ateng Abadi dan sejumlah Muspika, Aparat Desa serta Masyarakat setempat.

“Penghijauan yang ditanam sebanyak 1000 pohon berbagai jenis diantaranya jenis pohon mahoni, sengon dan mindi. Tujuan dilaksanakan kegiatan penanaman ini dalam rangka penghijauan lingkungan dan untuk mencegah terjadinya Global Warming  dan bencana alam seperti tanah longsor serta banjir,” terang Kasdim Mayor Inf Ade Munandar S.I.Pem mewakili Dandim 0106/Aceh Tengah-Bener Meriah Letkol Arm Ferry Ismail S.Sos disela-sela kegiatan.

Menurut Kasdim, setelah pohon ditanam masih membutuhkan perawatan dan pemeliharaan. Apabila setelah ditanam dibiarkan begitu saja, maka sudah bisa dipastikan pohon tersebut tidak akan bisa tumbuh dengan baik. Kepala Staf Kodim 0106 menghimbau kepada Masyarakat sekitar agar membantu memelihara dan menjaga keberadaan pohon yang ditanam tersebut sehingga mampu memberikan manfaat yang dapat dinikmati semua.

“Insya Allah dengan adanya penanaman bibit pohon ini bisa bermanfaat bagi Masyarakat, sebab  keberadaan pohon sangat penting bagi kelangsungan hidup. Manfaat dari pohon yang ditanam apabila diketahui diantaranya secara klimatologis penghijauan akan menyerap karbondioksida (C02) dan menghasilkan oksigen (02) lewat fotensitas, mengurangi kerusakan lingkungan, dari mulai erosi, pencemaran udara sampai global warning hingga bencana alam.sebut Kasdim.

Lanjut Kasdim, Kepedulian terhadap lingkungan hidup khususnya penghijauan perlu dibudayakan semangkin banyak pepohonan yang tertanam semangkin banyak pula oksigen yang diproduksi, berarti sama halnya memberikan masa depan yang cerah bagi generasi yang akan datang. pungkasnya.

Bupati Aceh Tengah dan Masyarakat Aceh Tengah khususnya Kampung Empu Balik menyambut baik agenda penanaman ribuan bibit pohon yang dilakukan oleh Kodim 0106.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Penghijauan Seribu Pohon di Takengon