TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pentingnya Menggugah Kesadaran Bela Negara

By 04 May 2016 22:16Kodam IV/Diponegoro
DSC_0347

Stabilitas keamanan sebuah negara tergantung pada warganya. Apabila rakyatnya mempunyai rasa bela negara tinggi maka negara tersebut akan aman dari serangan negara lain.  Dalam rangka menciptakan negara yang kuat berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah memberi pengetahuan tentang pentingnya rasa bela negara pada setiap individunya melalui seminar, sarasehan maupun diskusi. Hal ini dilakukan oleh Kantor Kesbangpol bekerjsa sama dengan Kodim Wonosobo memberikan pencerahan tentang pentingnya kesadaan bela negara kepada pengurus Dharma Pertiwi Kabupaten bertempat di Aula Kesbangpol Wonosobo.  (4/5).

Kepala Kesbangpol Didik Wibawanto dalam pembukaannya menyampaikan bahwa rasa bela negara wajib dimiliki setiap warga negara, salah satu bentuk bela negara adalah mempunyai rasa cinta tanah air.  Kita sebagai penerus harus bisa mempertahankan tanah air Indonesia ini dari pihak – pihak yang ingin menguasai kembali negara ini.  Para pejuang dahulu dalam merebut dari tangan para penjajah dengan mempertaruhkan jiwa dan raganya.  Oleh sebab itu kemerdekaan yang sudah diraih harus dipertahankannya.

Saat ini penjajahan sudah mulai terjadi hanya saja cara dan metode yang berbeda.  Penjajahan yang sedang terjadi melalui ekonomi, sosial budaya, narkoba dan lain sebagainya.   Itu sudah terjadi di Indonesia hanya saja sebagian rakyat kurang menyadarinya.  Dalam upaya menyadarkan rasa bela negara Kesbangpol mengajak Dharma Wanita   untuk membina khususnya dalam rumah tangga terhadap pengaruh asing yang dapat  membahayakan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selaku nara sumber Kasdim Mayor Inf Jaka Susila memaparkan tentang pentingya rasa bela negara.  Dalam pendidikan bela negara itu mencakup lima aspek yaitu cinta tanah air; kesadaran berbangsa & bernegara  Indonesia ; yakin  akan kesaktian pancasila; rela berkorban untuk bangsa dan Negara serta mempunyai kemampuan awal bela Negara.

Kelima komponen itu harus dimiliki oleh setiap warga negara sesuai dengan profesinya masing – masing.  Dalam mengabdi kepada negara tidak hanya berperang memanggul senjata akan tetapi dapat dilakukan dengan berbagai macam cara seperti menjadi ibu yang baik bisa mengantar anak – anaknya menjadi penerus negara yang mumpuni itu sudah bisa dikatakan membela negara.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pentingnya Menggugah Kesadaran Bela Negara