TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Penyandang Disablitas Bangun Hidup Baru Sebagai Insan Yang Produktif Dan Mandiri

By 29 May 2016 01:07Kodam V/Brawijaya
difabel

Malang, Jum’at (27/5) Di gedung Semeru UPT Pelatihan Kerja BLKI Singosari Malang tepatnya pukul 08.40 Menit bunyi ketukan palu oleh Srikandi TNI Laksamana Pertama dr. Janti Undari, MKK, MSi (Han) sebagai Kapusrehabilitasi Kemhan menandakan telah ditutupnya acara Akselerasi Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas Personel Kemhan dan TNI TA. 2016 wilayah Kodam V/Brawijaya.

Pusat Rehabitasi Kemhan sebagai penyelenggara merupakan wadah untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan baik ketrampilan fisik maupun fungsional. Dalam setahun Pusrehabilitasi menggelar beberapa gelombang program rehabilitasi terpadu dan pesertanya ialah personel Kemhan dan TNI dari semua satuan TNI. Dalam rehabilitasi Vokasional atau ketrampilan terdapat 16 jurusan ketrampilan, Kemhan bekerjasama dengan UPT Pelatihan Kerja dibawah pengawasan Tajuk Disnaker Provinsi Jawa Timur, UPT Pelatihan Kerja BLK Malang mendidik sebanyak 19 orang peserta didik dan BLK Surabaya 13 orang peserta didik yang meliputi prajurit TNI, ASN dan instansi Sipil penyandang Disabilitas, program ini diwujudkan dalam bentuk pelatihan kerja yang dibagi menjadi beberapa jurusan diantaranya operator komputer, otomekanik motor, tata boga, fotografi dan desain grafis, rehabilitasi terpadu ini dilaksanakan selama 3 bulan mereka mendapatkan pelatihan ketrampilan fisik maupun fungsional dan diharapkan dengan jenjang waktu yang terbatas ilmu ketrampilannya bermanfaat bagi dirinya sendiri maupun masyarakat di sekitar lingkungan tempat tinggalnya. Terciptanya tenaga kerja profesional, inovatif dan produktif memberikan warna tersendiri bagi kepentingan bangsa dan institusinya, seperti motto : “SKILLS BETTER OF LIFE” (KETERAMPILAN UNTUK HIDUP YANG LEBIH BAIK). Akibat perkembangan globalisasi menuntut SDM (Sumber Daya Manusia) yang memiliki keunggulan kompetitif, maka peserta didik yang mempunya keterbatasan fisik tidak menjadikan suatu hambatan ataupun halangan untuk mereka berkarya dengan pemanfaatan fasilitas yang telah disediakan oleh pemerintah setempat. Hal ini benar-benar dimanfaatkan oleh seluruh peserta penyandang disabilitas, menurut dia “ini merupakan kesempatan yang baik dalam menunjukkan kemampuan berkarya kepada kalayak luar bahwa saya tidak mau kalah bersaing dengan manusia normal” tegasnya, dari hasil komentar yang diambil oleh Personel Penrem 083/Bdj di lokasi acara penutupan tersebut. Ini menunjukkan mereka masih mempunyai motivasi kerja yang baik, seperti amanat Komandan Korem 083/Bdj yang dibacakan oleh Kepala Staf Korem 083/Bdj salah satu isinya berbunyi “kalian jangan pernah merasa putus asa dalam berkarya, disinilah kesempatan kalian menunjukkan produktifitas dan kemandirian yang berguna bagi institusi, bangsa dan negara”.

Hadir pada acara ini Ka UPT Pelatihan Kerja BLKI Singosari-Malang dan para Komandan Satuan dan jajaran di wilayah Malang maupun Surabaya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Penyandang Disablitas Bangun Hidup Baru Sebagai Insan Yang Produktif Dan Mandiri