TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Persami Saka Wira Kartika Di Bumi Semeru

By 29 May 2016 01:20Kodam V/Brawijaya
persami

Usai semalam diguyur hujan, pagi itu langit menampakkan kecerahan birunya hingga jelas terlihat puncak Semeru dari lapangan Jaten desa Kandang Tepus Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang digelarnya kegiatan Saka Wira Kartika, Sabtu (28/5).

Diikuti oleh 180 peserta dari perwakilan 9 Kodim di jajaran Korem 083/Baladhika Jaya, upacara pembukaan tersebut dibuka oleh Bupati Lumajang sebagai Irup. Saka Wira Kartika sendiri merupakan kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran Bela Negara melalui pengetahuan dan keterampilan dibidang Matra Darat. Sedangkan Matra Darat itu sendiri dapat diartikan sebagai segala aktivitas dan kegiatan yang dilakukan secara terorganisir atau perorangan dengan memanfaatkan kondisi alam di darat seperti hutan, gunung, rawa dan sungai.

Kegiatan Saka Wira Kartika ini pada dasarnya merupakan sebuah implementasi dari program kegiatan kepramukaan dilingkungan TNI-AD sebagai wadah kepramukaan dilingkungan TNI. Terbentuknya Saka Wira Kartika bisa dikatakan era baru keterlibatan TNI-AD dalam memajukan gerakan Pramuka secara Nasional khususnya di wilayah Korem 083/Baladhika Jaya dalam upaya pembinaan generasi muda berbasis nasionalisme.

Dalam sambutan Komandan Korem 083/Bdj yang dibacakan oleh Bupati Lumajang disampaikan bahwa melalui gerakan Saka Wira Kartika, Korem 083/Bdj berupaya menumbuhkan partisipasi anak-anak muda baik dilingkungan pendidikan maupun di masyarakat. Kegiatan yang dijadwalkan selama 2 hari akan diberikan materi wawasan kebangsaan, turun tebing, survival dan materi yang lainnya.

Pada Upacara pembukaan Persami Saka Wira Kartika ini dihadiri oleh seluruh Komandan Kodim jajaran Korem 083/Bdj, Forkopimda Kabupaten Lumajang, tokoh pemudan dan tokoh masyarakat setempat, serta dimeriahkan dengan suguhan penampilan tari Gandrung dari perwakilan peserta Kodim 0825/Banyuwangi.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Persami Saka Wira Kartika Di Bumi Semeru