TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Rapat Pimpinan Sektor Utara Unamid Dibuka Oleh Jenderal Indonesia

By 12 May 2016 14:40Pasukan Garuda
UNAMID

Command Group Meeting atau rapat unsur pimpinan merupakan salah satu agenda penting yang dilaksanakan pada misi UNAMID (United Nations Mission in Darfur) di tiap-tiap sektor yang berbeda. Rapat ini merupakan pertemuan antar unsur pimpinan dari masing-masing unsur yang terlibat dalam misi UNAMID. Unsur-unsur tersebut meliputi unsur Militer, Polisi dan Sipil.   Rapat ini dilaksanakan setiap tiga bulan sekali biasanya setelah dilaksanakannya Force Commander Group Meeting atau Rapat Pimpinan Tingkat Pusat yang diselenggarakan markas besar UNAMID. Rapat ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan tugas selama tiga bulan terakhir yang dilaksanakan oleh Sektor.  Disamping itu juga untuk membahas berbagai masalah yang bersifat strategis terkait tercapai visi dan misi dalam misi perdamaian UNAMID tentunya sesuai dengan amanat yang tercantum dalam mandat  PBB untuk misi UNAMID.

Pada awal Mei 2016 telah dilaksanakan Rapat Unsur Pimpinan UNAMID Sektor Utara yang pimpin oleh Brigadir Jenderal TNI Karmin Suharna S.IP,M.A bertempat di Markas Komando Sektor Utara El Fasher. Dalam rapat tersebut turut hadir Komandan Sektor Utara Brigadir Jenderal Amgad Morsy (Mesir), Kepala Kantor Sektor Utara Mr. Frank Somy (Inggris), Kepala Kepolisian Sektor Utara Mr. Timoty (Italia), Mr. Adre dari Sipil Affair (German), Mr. Alex dari Human Right (Spanyol), Mrs. Juliet dari kantor DMS (Division Mission Support) dan seluruh unsur pimpinan dari masing-masing tim site serta seluruh staf di terkait di Sektor Utara.

Brigjen Amgad Morsy selaku Komandan Sektor Utara mengatakan bahwa tema yang diusung dalam rapat kali ini yaitu “Dengan Semangat Kebersamaan Kita Tingkatkan Pengabdian Untuk Mensukseskan Mandat Yang Dilaksanakan UNAMID.

Tidak lupa Komandan Sektor Utara mengajak semua pihak untuk meningkatkan kebersamaan satu sama lain agar membantu masyarakat Darfur yang masih dalam keadaan susah.

Dalam sambutannya Brigjen TNI Karmin Suharna, S.IP,M.A mengungkapkan, UNAMID sebagai salah satu komponen PBB yang mengemban tugas di Darfur Sudan saat ini mampu menunjukkan prestasi yang cukup membanggakan, meskipun memang di akui masih banyak kekurangan namun masih dalam tahap yang normal dan wajar. UNAMID yang dalam mandatnya memiliki tugas untuk melindungi warga sipil, melindungi personel UNAMID itu sendiri dan melindungi seluruh aset yang dimiliki oleh UNAMID. Hal ini harus senantiasa dipegang teguh oleh setiap personel yang bertugas di UNAMID baik itu sipil, militer maupun polisi.

Ditambahkan juga bahwa Sektor Utara sebagai bagian dari UNAMID memiliki segudang prestasi yang cukup memuaskan. Selain sebagai sektor yang memiliki luas wilayah serta tim site terbanyak di UNAMID, sektor ini juga menghadapi permasalahan yang cukup komplek terutama konflik komunal antar suku yang sangat keras disamping berbagai tindak kriminal yang kerap terjadi di beberapa tempat di Sektor Utara. Tapi dengan kebersamaan yang sudah dibangun dari awal akan mampu menghadapi setiap permasalahan yang muncul.

Lebih lanjur Brigjen Karmin mengatakan sependapat dengan Komandan Sektor Utara bahwa momen ini sangatlah dibutuhkan dan penting sebagai salah satu untuk memupuk rasa kebersamaan diantara kita yang berasal dari berbagai kalangan dan sumber.  Serta kesempatan ini merupakan sarana untuk meninjau kembali hal-hal yang sudah tercapai dan yang belum tercapai selama ini.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Rapat Pimpinan Sektor Utara Unamid Dibuka Oleh Jenderal Indonesia