TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Satgas Pamrahwan Papua dan Papua Barat Yonif Raider 509 Kostrad Terjunkan Tim Patroli Kesehatan

By 17 May 2016 14:10Kostrad
kos1

Puncak Jaya – Sebagai upaya meningkatkan kualitas kesehatan Masyarakat khususnya di wilayah kota Mulia, Puncak Jaya, Satgas Pamrahwan Yonif Raider 509 Kostrad dibawah pimpinan Letkol Inf Beny Setiyanto sebagai Danyo sekaligus Dansatgas menerjunkan Tim Kesehatannya untuk melaksanakan Patroli Kesehatan dengan memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat. Menurut Dokter Satgas Lettu Ckm dr. Arnov Lahira Eriskan yang memimpin langsung pelaksanaan kegiatan ini, Patroli Kesehatan yang dilaksanakan oleh Tim Kesehatan Satgas Pamrahwan Yonif Raider 509 Kostrad sedikit berbeda dari kegiatan yang biasanya dilaksanakan, dimana selama ini kegiatan pengobatan gratis dilakukan dengan jalan menggelar Pos Pengobatan Massal di titik tertentu yang telah direncanakan, namun kali ini kegiatan pengobatan dilaksanakan dengan melakukan Patroli dari rumah ke rumah dengan harapan dapat menyentuh langsung ke masyarakat yang memerlukan pelayanan kesehatan serta membantu masyarakat yang mengalami kesulitan untuk berangkat menuju ke fasilitas kesehatan.

Menurut Bapak Matias Enumbi, salah satu warga yang mendapatkan bantuan pengobatan, “Kehadiran Tim Kesehatan Satgas Pamrahwan Papua Yonif Raider 509 Kostrad yang melakukan pengobatan secara berkeliling dari pintu ke pintu seperti ini sangat membantu kebutuhan masyarakat, terutama yang bernasib seperti saya”, dimana 3 hari lalu Bapak Matias mengalami kecelakaan saat mengambil kayu sehingga mengakibatkan kakinya terluka cukup parah. “Jauhnya lokasi rumah saya menyebabkan saya tidak bisa pergi ke Puskesmas atau Rumah Sakit, sehingga luka yang saya derita hanya diobati seadanya dengan obat tradisional”, tambah Bapak Matias. “Tidak hanya memberikan bantuan pertolongan pertama untuk luka yang diderita Bapak Matias, kami juga memberikan pelayanan untuk mengantarkannya ke Rumah Sakit Mulia dengan Ambulance yang dimiliki Satgas guna mendapatkan tindakan pengobatan lebih lanjut”, jelas dr. Arnov. “Kegiatan seperti ini saya rasa adalah yang pertama kalinya dilaksanakan sehingga masyarakat menyambut dengan sangat antusias, untuk itu diharapkan pengobatan keliling seperti ini dapat dilaksanakan kembali secara rutin di masa mendatang”, harap Bapak Matias.

Selain ditujukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Papua khususnya di wilayah kota Mulia, Puncak Jaya, Patroli Kesehatan yang dilaksanakan ini juga sebagai upaya territorial dari Satgas Pamrahwan Yonif 509/R dalam rangka mengambil hati dan simpati dari masyarakat. “Satgas akan memberdayakan semaksimal mungkin tenaga kesehatan dan obat-obatan yang dimiliki serta berkoordinasi dengan pihak terkait, dalam hal ini Dinas Kesehatan Puncak Jaya dan Ikatan Forum Dokter Puncak Jaya untuk membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat disini”, kata Dansatgas Yonif Raider 509 Kostrad. Menurut Dokter Satgas, “Sebagian besar penyakit yang diderita oleh masyarakat adalah ISPA (infeksi Saluran Pernafasan), nyeri pada persendian, nyeri kepala, demam, gatal-gatal serta luka-luka dan sebagian besar masyarakat masih kurang tingkat kesadarannya akan pentingnya hygienitas diri dan sanitasi lingkungan, sehingga mereka mudah untuk terkena penyakit”. Dengan melaksanakan kegiatan Patroli Kesehatan seperti ini, dapat dilihat secara langsung cara dan hidup masyarakat dalam menjaga kebersihan diri maupun tempat tinggalnya, dimana Tim Kesehatan juga sekaligus memberikan penyuluhan serta penjelasan kepada masyarakat mengenai gaya hidup sehat dan bersih agar masyarakat dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Walau Tim Kesehatan harus melaksanakan Patroli berjalan kaki dengan memakai atribut lengkap mulai dari senjata, helm dan rompi anti peluru untuk alasan keamanan, sama sekali tidak menurunkan dan mengendorkan semangat kami untuk mengabdi kepada masyarakat karena kami selaku anggota TNI ingin terus berbaur bersama di kalangan masyarakat, kami berharap TNI bisa merakyat sebab TNI adalah tentara rakyat yang berasal dari dan ada untuk Rakyat,” Jelas Dansatgas. Ditambahkan Danyon, bahwa tugas TNI bukan semata mata menjaga keutuhan NKRI, tetapi juga melakukan pembinaan kepada masyarakat, sehingga kehadiran TNI khususnya Yonif Raider 509 Kostrad di wilayah penugasan Papua dan Papua Barat mulai dari Sorong, Manokwari, Enarotali sampai Puncak Jaya dapat bermanfaat banyak dan benar-benar dirasakan bagi masyarakat.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Satgas Pamrahwan Papua dan Papua Barat Yonif Raider 509 Kostrad Terjunkan Tim Patroli Kesehatan