TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Satgas Pamrahwan Yonif Raider 509/Kostrad di Papua Buka Lahan Baru Pertanian

By 24 May 2016 22:08Kostrad, Puspen TNI
pamtas

(Puspen TNI. Selasa, 24 Mei 2016). Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan) dari Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 509/Kostrad, bermarkas di Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Sumber Sari, Kabupaten Jember, Jawa Timur, yang tengah melaksanakan tugas di Papua, dibawah pimpinan Letkol Inf Beny Setiyanto sebagai Dansatgas, beberapa waktu lalu membuka lahan baru sebagai lahan percontohan untuk lahan pertanian dan membuat tempat persemaian benih tanaman tomat, jagung, cabe dan sayur brokoli seluas 5 Hektar di Puncak Jaya Papua.

Menurut Dansatgas Yonif Raider 509/Kostrad Letkol Inf Beny Setiyanto saat meninjau kegiatan tersebut, Selasa (24/5/2016) menuturkan, salah satu Pos Satgas yaitu Pos Yambi yang dipimpin oleh Lettu Inf Riswantoro selain bekerja sama dengan warga membuka lahan baru juga bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Puncak Jaya terutama untuk pengadaan benih tanaman. Sedangkan dalam hal pengelolaan lahannya, Satgaspamrahwan bekerjasama dengan warga setempat dengan membentuk Kelompok Tani Yambi.

“Sebelum dilaksanakan buka lahan baru, terlebih dahulu dilaksanakan penyuluhan pertanian oleh anggota Pos Yambi Yonif Raider 509/Kostrad yang dikoordinir oleh Serda Karel Lopo kepada warga dan siswa sekolah di Kabupaten Puncak Jaya, dengan materi tentang tata cara pengolahan tanah, penyemaian benih, perawatan tanaman, pembuatan pupuk kandang dan proses pemasaran yang baik sesuai dengan kondisi dan potensi alam Puncak Jaya,” kata Letkol Inf Beny Setiyanto.

Sementara itu, Perwira Topografi (Patop) Satgas, Lettu Ctp Yudhi Prayitno yang ikut mendampingi dalam kegiatan tersebut mengatakan, kondisi Topografi serta Karakteristik tanah di Wilayah Kabupaten Puncak Jaya secara umum cukup subur dengan ketersediaan sumber air yang sangat memadai untuk kegiatan pertanian. Menurutnya, tekstur tanahnya yang sedikit berbatu dan bentuk Topografi dan bergunung-gunung, sehingga dibutuhkan teknik khusus dan usaha ekstra dalam menyiapkan lahan yang baik untuk ditanami. “Selain itu posisinya yang berada di wilayah dataran tinggi mengakibatkan hanya tanaman-tanaman tertentu saja yang dapat tumbuh dengan baik di daerah Puncak Jaya,” ucapnya.

Lettu Ctp Yudhi Prayitno juga menuturkan bahwasanya sebelum berangkat ke wilayah penugasan, Dansatgas Yonif Raider 509/Kostrad Letkol Inf Beny Setiyanto telah memerintahkan anggota Satgaspamrahwan untuk mengumpulkan data mengenai kondisi Topografi dan Karakteristik tanah di wilayah penugasan, dengan berkoordinasi ke instansi-instansi terkait dalam rangka menentukan bibit-bibit tanaman apa saja yang akan disiapkan untuk dibawa.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Distrik Yambi Bapak Yes Talenggeng mengatakan bahwa kehadiran Pasukan TNI dari Yonif Raider 509/Kostrad sangat membantu meningkatkan wawasan masyarakat mengenai bercocok tanam, karena selama ini masyarakat hanya menggunakan teknik bercocok tanam tradisional yang dipelajari secara turun-temurun.

“Kegiatan seperti ini adalah yang pertama kalinya dilaksanakan di Distrik Yambi, sehingga masyarakat menyambut dengan sangat antusias dan berharap banyak dari kegiatan ini ke depan hasil pertanian di Puncak Jaya dapat meningkat bukan hanya untuk dikonsumsi tapi bisa dipasarkan untuk meningkatan ekonomi masyarakat khususnya di Distrik Yambi,” tandasnya.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam II/Sriwijaya Kodam Iskandar Muda Puspen TNI Kodam IV/Diponegoro Dinas Penerangan Berita Satuan Kodam V/Brawijaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Satgas Pamrahwan Yonif Raider 509/Kostrad di Papua Buka Lahan Baru Pertanian