TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Satgas TMMD Tanam Belimbing Sepanjang 2 Kilometer

By 24 May 2016 06:29Kodam IV/Diponegoro
22

Saat ini, permasalahan lingkungan hidup sudah sangat kompleks.Permasalahan tidak terbatas pada kondisi sosialnya, namun juga pada komponen lingkungan lainnya. Permasalahan yang ada mulai dari ketersedian air bersih,sanitasi, polusi, kemacetan, sampai kepada berkurangnya ruang terbuka hijau.

Oleh karena itu diperlukan adanya upaya penghijauan dengan gerakan menanam pohon. Gerakan ini sangat mudah untuk dilakukan. Untuk itu Satgas TMMD REG 96 TA.2016 diwilayah Kodim 0716/Demak menanam pohon belimbing sepanjang 2 kilometer  pada sisi kanan kiri sungai Apur C7 desa Trengguli Kecamatan Wonosalam Demak.

Penanaman jenis pohon belimbing ini bertujuan untuk menahan air dari hulu sungai Apur C7 saat debit air meningkat agar tidak langsung mengalir ke aliran Sungai Cabean sekaligus melestarikan pohon belimbing yang saat ini sudah langka karena warga sudah beralih menanam pohon jambu air padahal pohon belimbing menjadi ikon kota wali tersebut.

Kepala Desa Trengguli, Muhammmad Subki mengatakan penanaman ini merupakan rangkaian kegiatan TMMD melalui program penghijauan yang dilakukan oleh TNI dan masyarakat.

“Kegiatan ini kita lakukan secara kesinambungan. Kita juga pernah lakukan penghijauan di daerah sepanjang jalan menuju lapangan Trengguli,” katanya.

Subki menambahkan, penghijauan ini juga bertujuan untuk langkah menghadapi musim hujan agar air dari kawasan hulu Apur C7 dapat tertahan sekaligus mengajak masyarakat Trengguli untuk menjaga keasrian alam, yakni menanam dan memelihara pohon yang berada di pinggir sungai. Hal tersebut berguna untuk mencegah kejadian abrasi yang mengakibatkan longsor dan rumah yang berada tepat di tepi sungai menjadi hanyut, agar dapat dihindari.

Dari beberapa kejadian abrasi yang mengakibatkan longsor dan membuat rumah warga hanyut ke sungai, di Kabupaten Demak pernah terjadi beberapa kali, karena topografi wilayah Kabupaten Demak, rumah warga banyak yang bertempat tinggal tepat di pinggir sungai. Untuk itu Kepala Desa M.Subkhi menghimbau dan mengajak masyarakat Trengguli agar selalu senantiasa menjaga keasrian alam, yakni menanam dan memelihara pohon di pinggir sungai dengan tujuan agar arus pasang surut sungai Apur C7 yang mempunyai tarikan arus terbilang kuat, dapat dihindari dan dicegah, dengan banyaknya menanam pohon di pinggir sungai.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Satgas TMMD Tanam Belimbing Sepanjang 2 Kilometer