TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Tim Kes TMMD 96 Wilayah Jombang, Temukan Warga Penderita Gondok

By 09 May 2016 06:34Kodam V/Brawijaya
Gondok TMMD Jombang-3
Jombang (08 /05 ).   Tim Kesehatan Kodim Jombang dalam mendampingi pasukan TMMD ke 96 di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang menemukan beberapa warga desa Sumberejo yang menderita penyakit gondok , penyakit yang disebabkan karena kurangnya asupan makanan beryodium.
Dari  warga yang kedapatan menderita penyakit tersebut, seluruhnya tinggal dikawasan dataran tinggi.  Salah satu penderita Gondok, Muryati, mengaku, rata-rata penyakit tersebut diderita para warga sejak mereka dalam usia remaja.“ Sudah sekitar 30 tahunan lebih sakitnya, nggak punya biaya. Sekarang rasanya agak sesak, kalau jalan agak jauh sedikit sudah  ngos-ngosan,” kata Muryati, pada Minggu 8 Mei 2016.
Selain melakukan penyisiran, TNI juga melakukan pendataan kepada seluruh warga yang menderita penyakit yang sama.    Sedangkan untuk operasi, Komandan Kodim 0814/Jombang Letkol Arh M.Fatkhurahman mengaku akan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Jombang untuk memberikan biaya gratis.“ Mendapati masyarakat mempunyai penyakit gondok yang selama ini tidak terdeteksi dan alhamdulillah tadi dari Kepala Dinas Kesehatan menyampaikan akan diadakan pengobatan dan langkah-langkah yang secepatnya untuk mengatasi penyakit gondok yang ada di Wonosalam ini,” terang Letkol Arh M.Fatkhurahman.(Penrem 082/CPYJ )
 

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Tim Kes TMMD 96 Wilayah Jombang, Temukan Warga Penderita Gondok