TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Tingkatkan Kemampuan Apter, Kodam II/Swj Gelar Penataran

By 20 May 2016 06:03Kodam II/Sriwijaya
apter

Asisten Teritorial (Aster) Kasdam II/Swj Kolonel Inf Denny Marthen Rini, membuka Penataran Kemampuan Teitorial Tersebar Kodam II/Swj TA. 2016, bertempat di Aula Zidam II/Swj, Palembang, Rabu (18/5/2016).

Kegiatan Penataran Teritorial Tersebar tersebut digelar selama 3 hari, mulai tanggal 18 s.d 20 Mei 2016 dan diikuti sebanyak 100 Prajurit TNI dari tiga matra, baik TNI AD, TNI AL dan TNI AU yang berada di wilayah Garnizun Palembang.

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Purwadi Mukson, S.I.P., dalam sambutan tertulis yang dibacakan Aster Kasdam II/Swj Kolonel Inf Denny Marthen Rihi mangatakan bahwa, penyelenggaraan Penataran Kemampuan Teritorial Tersebar tersebut, merupakan salah satu upaya Pimpinan untuk memberikan pembekalan dan pengetahuan dalam rangka meningkatkan kemampuan Aparat Teritorial (Apter) TNI dalam menyiapkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh.

Menurut Pangdam II/Swj, hal ini penting dilakukan mengingat tugas Satuan Komando Kewilayahan TNI tidak akan pernah terlepas dan selalu akan dipengaruhi oleh kondisi geografi, demografi dan kondisi sosial yang harus tetap diperjuangkan untuk dijadikan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh dan mantap dengan didukung oleh seluruh kekuatan sosial, sehingga terbentuk pola pertahanan negara yang defensif strategis.

Dalam penataran ini para peserta akan dibekali dengan materi yang meliputi ; Lima Kemampuan Teritorial, Sikap Teritorial, Serbuan Teritorial, Sejarah Teritorial dan Kegiatan Binter tentang Komsos, Bintahwil dan Bhakti TNI yang diberikan oleh Gumil/Pembimbing.

“Dengan harapan para peserta memiliki pemahaman dan penguasaan tentang Lima Kemampuan Teritorial, Sikap Teritorial, Serbuan Teritorial, Sejarah Teritorial dan ketatalaksanaan Pembinaan Teritorial”, ujar Pangdam.

“Selanjutnya, memiliki keterampilan, etos kerja yang tinggi, kreatif, inovatif dan leadership di lingkungan tugasnya serta terbangunnya rasa cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara serta kemampuan daya tangkal terhadap setiap permasalahan yang dapat mengganggu stabilitas wilayah nasional”, ungkapnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Tingkatkan Kemampuan Apter, Kodam II/Swj Gelar Penataran