TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Tingkatkan Profesionalisme, Kodam II/Swj Gelar Empat Pendidikan Sekaligus

By 12 May 2016 07:19Kodam II/Sriwijaya
logo kodam II sriwijaya

Palembang, Guna meningkatkan kualitas profesionalisme kemampuan prajurit dalam melaksanakan tugasnya, Kodam II/Swj menggelar empat jenis Pendidikan/Kursus sekaligus, yakni Pendidikan Kursus Bintara Administrasi Kompi (Susba Minki), Kursus Bintara Perawat Kesehatan Lapangan (Susbawatkeslap), Kursus Tamtama Perawat Kesehatan Lapangan (Sustawat Keslap) dan Kursus Tamtama Pengemudi Angkutan Bermotor (Sustamudi Angmor) yang masing-masing akan dlangsungkan selama 6 minggu.

Keempat jenis pendidikan tersebut, dibuka oleh Irdam II/Swj Kolonel Inf Suko Basuki mewakili Pangdam II/Swj Mayjen TNI Purwadi Mukson, S.I.P., Rabu (11/5/2016) bertempat di Lembaga Pendidikan Dodikjur Rindam II/Swj – Lahat, Sumsel.

Pendidikan Susba Minki bertujuan agar para Bintara mampu memahami dan mengaplikasikan semua urusan administrasi personel dan materiil, serta mampu mengaplikasikan administrasi umum dan komputer pada satuan terkecil setingkat Kompi.

Sedangkan pada pendidikan Susbawatkeslap, bertujuan agar para Bintara nantinya mampu mengaplikasikan kesehatan lapangan dalam penanganan dan memberikan pertolongan pertama bagi personel yang sakit, korban tempur atau kecelakaan secara cepat, tepat dan profesional.

Sementara, pada pendidikan Sustawatkeslap, bertujuan agar para Tamtama memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam menerapkan anatomi fisiologi dan patofisiologi, mengelola kegawatdaruratan, melaksanakan penanganan  dan perawatan serta mengaplikasikan perawatan kesehatan lapangan.

Sedangkan Kursus Tamtama Pengemudi Angkutan Bermotor, merupakan pendidikan   pengembangan spesialisasi bagi Tamtama, agar mampu  mengemudikan angkutan bermotor dengan baik, mampu melakukan pemeliharaan, perawatan dan pencegahan terhadap kendaraan militer yang dipertanggung-jawabkan dari kemungkinan kerusakan.

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Purwadi Mukson, S.I.P., dalam amanat tertulis yang dibacakan Irdam II/Swj Kolonel Inf Suko Basuki pada upacara pembukaan mengatakan bahwa tidak ada hal yang sulit, selama ada niat, kemauan dan tekad  yang kuat untuk maju dan berhasil.

”Dengan dilandasi semangat, dedikasi dan kemauan yang tinggi, kalian pasti bisa dan mampu mengikuti seluruh program pendidikan ini dengan hasil yang membanggakan” tandas Panglima.

Hadir pada acara tersebut, Komandan Dodikjur Rindam II/Swj Letkol Inf Ahmad Bastari, S.E.,, Para Perwira, Bintara, dan Tamtama  Rindam II/Swj, serta peserta Kursus. (Pendam II/Swj).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Tingkatkan Profesionalisme, Kodam II/Swj Gelar Empat Pendidikan Sekaligus