TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TMMD Non Fisik Kodam Jaya Berikan Penyuluhan HIV AIDS Di SMKN 12 Legok

By 13 May 2016 14:41Kodam Jaya
smkn

Dalam rangka melaksanakan Program TMMD ke 96 TA.2016 diwilayah Kodim 0506 Tangerang, Kodam Jaya melaksanakan kegiatan TMMD Non Fisik di wilayah Koramil 08/Legok dengan memberikan penyuluhan kepada siswa dan siswi SMKN 12 Legok, dengan memberikan materi penyuluhan tentang HIV AIDS, yang disampaikan oleh PNS IId Alfie anggota Kesehatan Kodam Jaya. Kegiatan penyuluhan ini di adakan di aula SMKN 12 Legok,Tangerang. Jumat (13/05).

Pada saat memberikan penyuluhan, Pns IId Alfie menjelaskan, apa itu HIV AIDS ? HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah suatu virus yang menyebabkan rusaknya atau melemahnya sistem kekebalan tubuh manusia, virus ini bersemayam dalam cairan tubuh manusia seperti, darah, asi, cairan sperma dan vagina. Saat manusia kena virus HIV dalam waktu 5 sampai 10 tahun pasien biasa-biasa saja tampak sehat walafiat tetapi pada masa ini pasien sebenarnya sudah sakit dan sudah bisa menularkan virus kepada orang lain.

“Kemudian apa itu AIDS ? AIDS adalah (Acquired Immune Deficiency Syndrome) suatu kumpulan berbagai gejala dan infeksi sebagai akibat hilangnya sistem kekebalan tubuh yang disebabkan oleh infeksi HIV. Pasien pengidap AIDS sangat sensitif tertular oleh berbagai macam penyakit, karena sistem kekebalan di dalam tubuhnya telah menurun. Sampai sekarang belum ada obat yang dapat menyembuhkan virus AIDS, sehingga berdasarkan data hampiir semua penderita akan meninggal dalam waktu 2 tahun setelah di nyatakan pasien terjangkit AIDS,”ucap PNS Alfe .

Menurut Pns Alfie , penyakit HIV AIDS ini dapat ditularkan hanya melalui, hubungan sex (anal, oral dan vaginal) dengan orang pengidap penyakit HIV, melalui transfusi darah dan penggunaan jarum suntik secara gentian atau melalui ibu kepada anak saat dalam kandungan maupun proses bersalin dan HIV tidak ditularkan melalui jabat tangan, bersentuhan,ciuman, pelukan, menggunakan peralatan makan/minum yang sama, gigitan nyamuk ataupun tinggal serumah.

“Adik-adik tidak perlu kawatir dan takut, penyakit ini bisa ditangkal atau di cegah dengan cara, tidak melakukan hubungan sex dengan orang yang mengidap virus HIV. Memiliki cinta kasih yang tulus kepada pasangannya dan tidak berpaling kepada wanita/pria lain, tidak berganti ganti pasangan. Jika butuh transfusi darah, mintalah kepastian bahwa darah yang diterima bebas dari virus HIV,”ujarnya.

Diakhir kegiatan penyuluhan, Danramil 08/Legok kapten Kav M Sujana dan Wakil Kepala Sekolah Debagus Ridwan S.Pd mengucapkan terimakasih dan menyambut baik atas kedatangan rombongan dari TMMD nonfisik ke 96 TA.2016 dari Kodam Jaya.

“Apa yang disampaikan ini cukup baik, intinya mengingatkan kepada kita semua dan siswa/i agar tidak terkena virus HIV dan apa yang sudah kita dengarkan lalu kita bawa pulang untuk di sampaikan kepada saudara, keluarga dan rekan-rekan kita,”ucap Danramil.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TMMD Non Fisik Kodam Jaya Berikan Penyuluhan HIV AIDS Di SMKN 12 Legok