TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Yonif 406/CK Bersama Pertamina Gelar Pengobatan Massal

By 09 May 2016 13:38Kostrad, Puspen TNI
masal

(Puspen TNI. Senin, 9 Mei 2016). Satgas Yonif 406/CK bersama Pertamina mempunyai visi dan misi yang sama, untuk membangun wilayah perbatasan RI-PNG agar lebih maju salah satunya dengan memfasilitasi pelayanan kesehatan bagi warga perbatasan, karena jauhnya fasilitas kesehatan dan tidak menjangkau seluruh warga yang ada di Kampung Bompay. Demikian disampaikan Dansatgas Yonif 406/CK Letkol Inf Aswin Kartawijaya di sela-sela kegiatan pengobatan massal bekerjasama dengan PT. Pertamina di halaman sekolah terpadu Kampung Bompay Papua, Minggu (8/5/2016).

Lebih lanjut Dansatgas Yonif 406/CK menuturkan bahwa, dalam kegiatan pengobatan massal tersebut, pihak Pertamina membantu membagi-bagikan bingkisan sembako bagi warga kampung yang berobat, sedangkan Satgas Yonif 406/CK menghibur masyarakat kampung perbatasan RI-PNG dengan musik organ serta sound system lengkap. “Warga kampung perbatasan RI-PNG bersama dengan Prajurit Satgas Yonif 406/CK bernyanyi dan berjoget bersama-sama,” ucapnya.

Sementara itu, Dokter Satgas Yonif 406/CK Letda Ckm dr Wiryo menuturkan bahwa, dari 200 warga yang hadir, terdapat 110 warga yang berobat pada kegiatan tersebut, dengan beberapa keluhan penyakit yaitu 30% rhematoid arthiritis (rhematik), 25% penyakit kulit, 20% ISPA (infeksi saluran pernafasan), 15% malaria, 7% gangguan pencernaan dan 3% penyakit lain-lain.

Disamping pengobatan massal tersebut, Dokter Satgas Yonif 406/CK Letda Ckm dr Wiryo juga memberikan penyuluhan mengenai pola hidup sehat dan layak bagi warga Kampung perbatasan RI-PNG. “Hal ini sangat penting, karena bila ingin sehat maka harus menjalankan pola hidup yang benar yaitu pola hidup sehat. Satgas Yonif 406/CK ingin merubah pola hidup warga kampung perbatasan RI-PNG dengan pola hidup yang sehat,” katanya.

Dalam kegiatan pengobatan massal tersebut Kepala Kampung Bompay Bapak Lukas maunda menyampaikan, rasa terima kasih atas terselenggaranya kegiatan pengobatan massal sekaligus adanya pembagian sembako. “Kami sangat berterimakasih telah menggelar kegiatan ini dan juga telah menghibur warga kampung dengan musik orgen, kampung kami sangat jauh kalau ingin berobat ke Puskesmas, sehingga dengan kedatangan Satgas Yonif 406/CK bersama Pertamina ke Kampung Kami, itu sangat membantu kami untuk berobat dan baru kali ini ada musik orgen di kampung kami. Kami juga sangat berterimakasih karena telah diberikan pemahaman untuk melaksanakan pola hidup sehat dan layak,” ujar Bapak Lukas maunda.

Turut hadir pula Kepala Kampung Bompay Bapak Lukas Maunda, Ondo Api kampung Bompay Bapak Keven Suwo, Kepala Suku Kampung Waris Bapak Dacky, Ondo Api Kampung Kalimao Bapak Domianus Wey.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Yonif 406/CK Bersama Pertamina Gelar Pengobatan Massal