TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Anggota Kodim 0706/Tmg dan PPL Uji Coba Tanam Padi Varitas Ciherang Dengan Metoda Sri Organik

By 29 Jun 2016 09:20Kodam IV/Diponegoro
IMG-20160226-WA0011

Anggota Koramil 05/Candiroto Kodim 0706/Temanggung bersama Kelompok Tani Maju Makmur Desa Muntung,  Kec. Candiroto melaksanakan  uji coba penanaman padi varitas ciherang dengan menggunakan metoda SRI organik murni di lahan seluas 0,3 Ha, Selasa (28/06/2016).

PPL (Sumargono) mengatakan bahwasanya varitas ciherang sangat rentan mana kala ditanam pada musim sebelumnya yang curah hujannya sangat tinggi. Maka pada musim ini akan dicoba ditanam varitas ciherang dengan metoda SRI Organik murni dengan harapan akan mendapatkan hasil yang maksimal, mengingat musim tanam yang sekarang curah hujan sewajarnya. Varitas Ciherang memiliki beras kwalitas tinggi yang punya harga jual tinggi pula karena berasnya agak panjang dan rasanya enak, demikian tandasnya.

Babinsa Muntung (Sertu Ponco Suroso) sebagai kordinator lapangan juga menambahkan, jika uji coba ini berhasil maka kedepan akan dikembangkan pada lahan yang lebih luas, bahkan di wilayah desa lainnya. Pada kesempatan ini juga akan dijadikan pembelajaran bagi Babinsa lainnya tentang pengenalan metoda yng sedang di uji cobakan ini.

Metoda ini atas prakarsa dari PPL dan Babinsa serta kerja sama dengan Poktan Tani Maju Makmur Desa Muntung, dengan harapan akan mendapatkan sesuatu yang baru dan berhasil. Sistem ini menggunakan pupuk Kimia hanya 5% yang di berikan pada pemupukan pertama setelah usia tanam 10 hari berupa NPK dan ZA. Sementara pada Pupuk dasar dan pemupukan selanjutnya menggunakan Pupuk Cair Organik termasuk nanti dalam pengendalian hamanya sudah disiapkan jenis (CINTADIEN).

Dalam kesempatan ini juga Ketua Kelompok Tani Maju Makmur (Bapak Waluyo) juga mengatakan merasa sangat senang dengan adanya inovasi seperti ini, karena selama ini kita masih belum berani melakukannya karena takut gagal, permasalahannya kita belum mempunyai pengetahuan yang mumpuni. Mudah mudahan ini akan berhasil dan bisa dijadikan percontohan untuk kelompok tani lainnya. (Penramil 05/Candiroto)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam Iskandar Muda Kodam XII/Tanjungpura Kodam XVII/Cenderawasih Kodam V/Brawijaya Kodam II/Sriwijaya Kodam Jaya Kostrad Kodam XVI/Patimura
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Anggota Kodim 0706/Tmg dan PPL Uji Coba Tanam Padi Varitas Ciherang Dengan Metoda Sri Organik