TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Badan Pemerdayaan Masyarakat Ajak Babinsa Dalam Pelatihan Air Jernih

photo_2016-06-28_12-07-45

Merauke – Permasalahan air jernih masih menjadi suatu permasalahan bagi warga Distrik Tanah Miring Kabupaten Merauke, khususnya warga Pribumi yang berpenghasilan dibawah standar, sehingga untuk mendapatkan air jernih warga setempat biasanya melakuka penampungan air hujan. Kebiasaan ini, dilakukan karena sumur atau sumber air yang ada berwarna kuning, keruh, berbau, mengandung zat besi, berkapur dan kontaminan lainnya.

Sehubungan permasalahan tersebut, pada Minggu (26/06) pagi Wit, bertempat di Kampung Soa Distrik Tanah Miring, Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK) Kaupaten Merauke yang diketua oleh Ibu Lestiawati mengajak Babinsa setempat yaitu Serma Samberi dan Kopda Pahabol dari Koramil 1707-05/Merauke untuk melaksanakan pelatihan penjernihan air tanah skala rumah tangga yang diikuti oleh masyarakat Distrik Tanah miring.

Sebelum pelatihan dimulai, Lestiawati dari BPMK Merauke menjelaskan kepada warga masyarakat, bahan-bahan yang perlu disiapkan seperti Kerikil besar, pasir, filter, kerikil kecil, pasir halus dan proviltank untuk mendukung jalannya kegiatan pelatihan ini.

Selesai menjelaskan bahan-bahan yang dibutuhkan, Lestiawati dengan didampingi langsung Babinsa Serma Samberi dan Kopda Pahabol melanjutkan pembuatan alat penjernih air dengan praktek langsung dilapangan dengan diikuti warga setempat.

Disamping itu, Lestiawati menyampaikan bahwa BPMK Merauke akan memberikan bantuan filter penyaringan air kepada masyarakat Distrik Tanah Miring. Bantuan berupa Filter ini, saya hapap masyarakat merawat dengan baik agar tidak cepat rusak dan bisa dipergunakan selamanya, Ujarnya.

“Kegiatan pelatihan penjernihan air tanah skala rumah tangga, yang dilakukan oleh BPMK Merauke, sangat membantu kesulitan masyarakat di Distrik Tanah Miring,” ujar Serma Samberi.

“Kegiatan ini sudah lama ditunggu-tunggu oleh warga masyarakat, karena sumber air yang ada diwilayah ini tidak layak dikonsumsi. kami Babinsa mewakili warga masyarakat mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Daerah karena sudah memperhatikan keluhan masyarakat Distrik Tanah Miring,” ujarnya.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kodam XII/Tanjungpura Puspen TNI Kodam III/Siliwangi Kodam V/Brawijaya Kodam IX/Udayana
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Badan Pemerdayaan Masyarakat Ajak Babinsa Dalam Pelatihan Air Jernih