TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Jagung Menjadi Alternatif di Musim Kemarau

By 16 Jun 2016 09:17Kodam IV/Diponegoro
16 Juni 2016 C

Anggota Koramil 02 Kaliangkrik Kodim 0705/Magelang melaksanakan kegiatan pendampingan dan membantu petani panen jagung di lahan milik Kabul Basuki (53) Dusun Derepan, Desa Munggangsari, Rabu (15/6).

Kaliangkrik adalah daerah ketinggian yang berada di lereng gunung sumbing sebelah timur, sama seperti daerah ketinggian lainya disebagian wilayah Kabupaten Magelang seperti daerah Kecamatan Ngablak, masyarakat Kecamatan Kaliangkrik yang sebagian besar adalah petani, dan mereka yang berada tepat di daerah ketinggian tentunya perlu perhitungan yang tepat dalam mengolah lahannya.

Daerah yang mengandalkan air hujan sebagai sumber pengairan atau tadah hujan tentu tidak bisa menanam padi saat musim kemarau, hal ini tentu memaksa petani untuk menanam komoditas alternatif seperti jagung dan holtikultura.

Untuk jenis bibit jagung yang ditanam di lahan milik Basuki adalah jagung putih lokal untuk konsumsi sebagai pengganti beras, kegiatan pendampingan yang dilaksanakan Babinsa Munggangsari Serma Basir. Kegiatan pendampingan panen jagung tersebut bertujuan agar para petani jagung lebih giat dan semangat dengan adanya babinsa turun keladang petani dengan memberikan motivasi dalam bercocok tanam jagung yang benar, untuk memaksimalkan lahan tersebut pola tanam jagung menggunakan sistem jarak 20 cm perpohon.”

Dengan sistim tanam tersebut biasanya hasil buahnya bisa meningkat, buahnya padat karena dengan jarak tersebut pendangiran lebih maksimal kalau tertiup angin tidak gampang roboh” ujar Serma Basir.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Jagung Menjadi Alternatif di Musim Kemarau