TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kasad : “Puasa Menumbuhkan Sifat Kejujuran Dan Disiplin”

By 23 Jun 2016 12:06Kopassus
23 Juni 2016 B

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Mulyono menyampaikan bahwa puasa tidak sekedar memenuhi perintah agama, tetapi lebih dari itu menumbuhkan sifat kejujuran dan disiplin serta melatih pengendalian diri dan saling berbagai dengan sesame. (Rabu, 22/6). Hal itu disampaikan dihadapan segenap warga Grup 1 Kopassus, Serang Banten dalam acara Safari Ramadhan 1437 Hijriyah Kepala Staf Angkatan Darat bersama Prajurit, PNS dan Keluarga Besar Grup 1 Kopassus di Rukan Griya Sena Baladika, Serang. Selanjutnya Kasad juga mengatakan bahwa hidup adalah keseimbangan, di satu sisi harus dapat melaksanakan tugas dengan penampilan yang terbaik, disisi lain juga dituntut untuk dapat melaksanakan tugas ibadah sebagai insane prajurit yang beriman dan bertakwa. Keseimbangan hidup di dalam pengembangan Bintal dan Rohani prajurit bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan spiritual dan emosional, yang mememiliki daya dukung moril dalam pelaksanaan tugas dan ibadah. Kecerdasan itu yang menjadikan jiwa setiap prajurit memiliki keseimbangan untuk dapat berpikir logis dan obyektif serta memiliki kesehatan jiwa yang dapat mencegah dari perilaku menyimpang. Untuk itu, maknai bulan Ramadhan untuk membangun kebersamaan, solidaritas dan jadikan media untuk memahami kesulitan, kondisi hati dan kejiawaan setiap prajurit dan keluarga sehingga dapat dicegah perilaku negatif yang dapat merugikan diri dan satuan. Sementara itu, Ustadz KH. Drs. Mahmudi, M.Si., selaku Ketua Majelis Ulama Indonesia Kota Serang dalam tausyiahnya sangat mengapresiasi sambutan Kasad dan mempertegas bahwa puasa memang mendidik disiplin dan jujur, melatih pengendalian diri dan berbagi dengan sesama. Bulan Ramadhan merupakan keistimewaan bagi umat Islam yang melaksanakan ibadah puasa untuk mengajarkan disiplin, baik disiplin waktu, disiplin jujur, sabar dan istiqomah.

Setelah tausyiah, acara dilanjutkan dengan berbuka puasa bersama, sholat Magrib berjamaah, makan malam, sholat Isya dan sholat tarawih berjamaah, dilanjutkan dengan pemberian bingkisan lebaran dan santunan kepada 520 anak yatim wilayah binaan Grup 1 Kopassus Serang dan Korem 064/Maulana Yusuf, antara lain dari Yayasan Baitul Rahman Kasemen, Yayasan Baitul Qur’an Kramat Watu, Yayasan Ibnu Latif Klanggaran, Yayasan Al Mubarok Sumur Pecung, anak yatim mantan anggota Grup 1 Kopassus, Kampung Umbul Tengah, Kampung Sitauan, Kampung Bale Batu, Kampung Grugul, Kampung Drangong, Kampung Tegal Tongkleng dan para pendampingnya.

Diakhir kegiatan sebelum meninggalkan tempat acara, Kasad mencermati dan mendengarkan setiap alunan lagu qosidah yang ditampilkan oleh Qosidah An-Nabawy PTIQ Jakarta, pimpinan H. Agus M. Hadir dalam Safari Ramadhan ini selain para pejabat Kopassus beserta istri, diantaranya pejabat Mabesad, Irjenad, Aspers Kasad, Aslog Kasad, Ketua Majelis Ulama Indonesia Kota Serang, Kasdam III/Siliwangi, Kabinda Provinsi Banten, Kepala BNN Provinsi Banten, Danrem 064/Maulana Yusuf, Bupati dan Walikota Serang, Hadirin dan Tamu Undangan se-wilayah Serang, Cilegon, Pandeglang, Lebak Banten.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kasad : “Puasa Menumbuhkan Sifat Kejujuran Dan Disiplin”