TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kasad Tutup Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat 2016

By 04 Jun 2016 13:36Kopassus
IMG-20160604-WA0000

Kepala Sfaf Angkatan Darat, Jenderal TNI Mulyono secara resmi menutup Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat 2016 yang telah dilakulan selama 4 bulan di 8 (delapan) Sub Korwil di wilayah Provinsi Papua Barat, bertempat di Lapangan Makopassus, Cijantung, Jakarta (3/6). Bertindak sebagai Komandan Upacara (Danup) dalam penutupan Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat 2016, Kolonel Inf Tri Budi Utomo, lulusan Akademi Militer Tahun 1994 yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Satuan 81/Penanggulangan Teror (Dansat-81Gultor) Kopassus. Kasad, Jenderal TNI Mulyono menyatakan, dari kegiatan ekspedisi ini diperoleh hasil antara lain ditemukannya 1.582 spesies flora dan 2.029 spesies fauna, ditemukannya 811 daerah yang mengalami kerusakan hutan, ditemukannya 783 data potensi geologi, ditemukannya 457 potensi bencana, ditemukannya 2.535 data sosial dan budaya, serta dilaksanakannya 1.814 kegiatan fisik dan non-fisik pengabdian masyarakat.

Dengan kegiatan menonjol melakukan reboisasi/penanaman pohon sebanyak 4.580 pohon pada daerah yang mengalami kerusakan. Melalui kegiatan ekspedisi, diharapkan semua temuan dapat segera dimanfaatkan secara optimal bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan ekspedisi melibatkan 1.193 personel baik dari TNI/Polri, Kementerian/Lembaga, Akademisi, LSM, para Tenaga Ahli (Peneliti), Mahasiswa dari 54 Universitas seluruh Indonesia maupun Masyarakat yang berasal dari pusat dan daerah dimana ekspedisi itu berlangsung.

Dengan tetap mengusung tema “Peduli dan Lestarikan Alam Indonesia” Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat 2016 bertujuan untuk meningkatkan potensi ketahanan nasional, meningkatkan wawasan kebangsaan dan bela negara, meningkatkan pelayanan kesehatan dan bakti sosial, mendata dan meneliti potensi sumber daya alam, memperkokoh persatuan dan kesatuan nasional, memberikan teladan kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian alam, mengembangkan potensi wilayah yang belum maksimal, membangun infrastruktur daerah pedalaman/terpencil dan terisolir,serta mendukung program pembangunan nasional. Berbagai kegiatan tersebut dilaksanakan melalui kegiatan penjelajahan, penelitian dan pengabdian masyarakat demi tercapainya pembangunan di wilayah Papua Barat.

Penutupan Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat 2016 ditampilkan pula demo Terjun Bebas Militer (Free Fall) dengan penerjun dari TNI AD, TNI AU, TNI AL dan Polri materi Flying Formation Sport dan Military Parachutes membawa 6 buah bendera Merah Putih, Mabes TNI, Mabes Polri, Kemenko PMK, Ekspedisi NKRI 2016 dan Provinsi Papua Barat, Tarian Yospan serta Stand Pameran dari 8 Sub Korwil Ekspedisi NKRI 2016 dan Pameran Ekspedisi I sampai dengan V.

Hadir dalam upacara penutupan Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat 2016, Deputi 5 Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Gubernur Provinsi Papua Barat, Mantan Komandan Ekspedisi NKRI, Letjen TNI (Purn) J. Suryo Prabowo, Letjen TNI (Purn) Lodewick F. Paulus, dan Letjen TNI Agus Sutomo, Danjen Kopassus, Kaskostrad, para Asisten Kasad, Dir dan Kabalakpus TNI AD serta para Rektor Perguruan Tinggi.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kasad Tutup Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat 2016