TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kasdam VI/Mlw Buka Resmi Ceramah Komunikasi Dan Motivasi Di Aula Kodam

By 22 Jun 2016 09:52Kodam VI/Mulawarman
22 Juni 2016 D

Balikpapan, (21/06) Saya berharap melalui kegiatan Ceramah tentang Komunikasi dan Motivasi yang kita laksanakan saat ini, dapat memberikan semangat dan motivasi bagi para prajurit dan PNS Kodam VI/Mulawarman, dalam melaksanakan berbagai kegiatan, dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam VI/Mulawarman.

Penegasan tersebut disampaikan dalam sambutan tertulis Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, S.I.P, yang dibacakan oleh Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI GE. Supit, S.Sos., saat membuka kegiatan ceramah dan motivasi yang berlangsung sehari di Aula Makodam VI/Mlw Balikpapan, 21 Juni 2016.

Komunikasi merupakan hal yang penting dalam mendorong kemajuan peradaban manusia, karena komunikasi dapat digunakan dalam membentuk dan membangun jati diri manusia, meningkatkan intelektual dan membangun masyarakat madani, sejahtera dan harmonis. Tanpa kemampuan berkomunikasi yang baik bagi seorang prajurit atau PNS maka pencapaian tugas pokok tidak maksimal.

Di penghujung sambutannya Pangdam meminta kepada para peserta agar mengikuti dan menyimak seluruh materi yang disampaikan pembawa materi. Tanyakan apabila ada hal-hal yang kurang jelas sehingga apa yang disampaikan oleh penceramah dapat dipahami dan dimengerti.

Dalam meraih kesuksesan itu diawali dari diri pribadi setiap orang yaitu dengan melaksanakan suatu pekerjaan dengan penuh ikhlas dan di tutup dengan rasa syukur apa yang sudah diraih. Selain itu harus melakukan banyak silaturahmi kepada siapa saja dengan tidak melihat latar belakang, strata, jabatan maupun pangkat sehingga yang ada hanyalah keihlasan atau Lillahi Taallah.

Lebih lanjut motivator Bapak Dr. Drs Aqua Dwipayana, M.I.Kom, memberikan motivasi kepada seluruh peserta seperti jangan pernah merendahkan diri sendiri tetapi harus rendah hati, jangan pernah berburuk sangka kepada siapa saja dan apa saja tapi banyaklah berbagi dan berpikir positif. Silaturahmi menjadi modal utama dalam berkomunikasi, karena bersilaturahmi dengan siapapun tanpa melihat latar belakangnya, menyadari sikap rendah hati, menempatkan diri dengan santun saat berkomunikasi, mau mendengar dan mau menerima kritik merupakan sikap yang harus dimiliki oleh seseorang bila kita ingin meraih kesuksesan.

Ada 5 komunikasi yang efektif yang harus dimiliki oleh seseorang apabila ingin meraih kesuksesan, yang pertama “Respek” menghargai dengan sesama manusia tanpa melihat golongan dan jabatan, kedua “Empathy” merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain, ketiga “Audible” dimana kita berada harus menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai yang ada di masyarakat. Keempat “Clarity” gunakan bahasa yang mudah dipahami”, kelima “Humble (Rendah hati)” menempatkan diri dengan santun saat berkomunikasi dan mau menerima kritik dari siapapun.

Sementara itu motivator Bapak Dr. Drs Aqua Dwipayana, M.I.Kom. memberikan motivasi kepada seluruh prajurit dan PNS jajaran Kodam VI/Mlw yang ikut hadir di Aula Makodam VI/Mlw, beliau menyampaikan ada 4 hal dalam kehidupan manusia yang tidak bisa ditarik lagi apabila sudah berlalu atau sudah terjadi, beliau mengumpamakan salah satu adalah “Batu” setelah dilempar ke kolam tidak akan kembali lagi. Kedua “Kata” setelah diucapkan, maka kata yang diucapkan tidak akan bisa dihapus/ditarik lagi. Ketiga “Kesempatan” bila kesempatan tidak diambil, maka kesempatan itu akan berlalu dan tidak akan kembali lagi dan yang Keempat “Waktu” bila waktu setelah beranjak pergi maka waktu itu tidak akan kembali lagi, memberi makna bahwa kita jangan pernah menyiakan waktu, kesempatan yang sudah ada dan jangan berbicara tanpa memperhatikan dampak/akibatnya maka harus berhati-hati dan berbicaralah yang harus memberikan doa kepada kita.

Usai acara ceramah tentang Komunikasi dan Motivasi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan pemberian cidera mata oleh Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI GE. Supit, S.Sos, kepada motivator Bapak Dr. Drs Aqua Dwipayana, M.I.Kom.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kasdam VI/Mlw Buka Resmi Ceramah Komunikasi Dan Motivasi Di Aula Kodam