TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodam IX/Udayana Menggelar Pelatihan Kader Bela Negara Tersebar

By 20 Jun 2016 13:56Kodam IX/Udayana
20 Juni 2016 L

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko M.D.A membuka pelatihan Kader Bela Negara Kodam IX/Udayana TA 2016 Senin (20/6) di Lap. Wira Yudha Bhakti, Rindam IX/Udayana, Pelatihan Kader bela Negara ini tersebar di wilayah Bali NTB dan NTT yang hari ini dibuka secara serentak di masing masing Korem.

Mengawali amanatnya Pangdam menyampaikan bahwa Pelatihan Bela Negara yang memiliki tujuan mulia yakni membina dan membentuk generasi muda bangsa Indonesia yang berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil, serta memiliki semangat dan kesadaran bela Negara ini, Sebagaimana tercantum dalam UUD 1945 Pasal 27 ayat (3), Pasal 30 ayat (1) dan UU Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara Pasal 9 ayat 1-3, telah menegaskan hak dan kewajiban warga Negara, baik untuk ikut serta dalam pembelaan Negara maupun usaha pertaha-nan dan keamanan Negara. Selanjutnya ditegaskan pula bahwa upaya bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, serta dalam menjamin kelang-sungan hidup bangsa dan negara. Upaya bela negara, selain sebagai kewajiban dasar manusia, juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab, dan rela berkorban dalam pengabdian kepada negara dan bangsa.

Sejalan dengan hal itu, TNI AD yang antara lain memiliki tugas untuk membantu pemerintah menyi-apkan sumber daya nasional menjadi kekuatan pertahanan yang tangguh, pada T.A. 2016 ini akan melaksanakan program pelatihan kader bela Negara bagi para pelajar dan mahasiswa di seluruh tanah air. Namun harus dipahami bahwa pelatihan ini bukanlah bentuk pelatihan kemiliteran atau militerisasi, sama sekali bukan pelatihan semacam itu Tetapi merupakan pelatihan untuk mewujudkan generasi muda yang mempunyai sikap mental dan karakter bela Negara. Sikap dan karakter yang dicirikan oleh adanya rasa cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, setia kepada Pancasila sebagai ideologi Negara, rela berkorban bagi bang-sa dan Negara, serta memiliki kemampuan awal bela Negara secara fisik dan mental. “Tegas Pangdam IX/Udayana”.

Mengakhiri amanatnya Pangdam menegaskan bahwa Pelatihan Bela Negara di Kodam IX/ Udayana akan dilaksanakan dengan mem-pedomani tema: “Melalui Pelatihan Kader Bela Negara, TNI AD dan Jajarannya Mewujudkan Generasi Muda Bangsa Yang Berkarakter dan Berwawasan Kebangsaan Guna Tetap Tegaknya Per-satuan dan Kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia”. Penekanan terhadap pentingnya pembangunan karakter dan wawasan kebangsaan sangat dikedepan-kan dalam pelatihan ini. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan secara tersebar di tiga tempat di wilayah Kodam IX/Udayana, yaitu Provinsi NTT dilaksanakan di Brigif-21/Komodo, Provinsi NTB dilaksanakan di Yonif 742/Satya Wira Yudha dan Provinsi Bali dilaksanakan di Rindam IX/Udayana.

Dalam pelatihan selama lima hari kedepan, para peserta akan diberikan materi teori maupun praktek. Materi teori antara lain meliputi Kedisiplinan, Wawasan Kebangsaan, Empat Konsensus Kebang-saan, Bahaya Proxy War, dan materi Kepemimpinan. Sedangkan materi praktek antara lain meliputi Cara Memberi Instruksi, Pertolongan Pertama di Lapangan atau Longmalap, Penanggulangan Bencana, Survival, Navigasi Darat dan Mountainering.

Hadir pada Pada acara upacara pembukaan Pelatihan Kader Bela Negara Kodam IX/Udayana TA 2016 diantaranya Danrem 163/WSA Kolonel Inf I Nyoman Cantiasa, Unsur FKPD Kabupaten Tabanan, Para Asisten Kasdam IX/Udayana, serta Kabalak Jajaran Kodam IX/Udayana.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam XVI/Patimura Puspen TNI Kodam XII/Tanjungpura Kodiklat Tips Kesehatan Dinas Penerangan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodam IX/Udayana Menggelar Pelatihan Kader Bela Negara Tersebar