TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodam Jaya Tanamkan Pancasila kepada Pelajar SMAN 6 Bekasi

By 02 Jun 2016 07:04Kodam Jaya
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

Dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila 1 Juni 2016 Kodam Jaya secara serentak melalui Komando Kewilayahan (Kodim) memberikan materi Pancasila di sekolah- sekolah mulai tingkat SD sampai dengan tingkat SMA sederajat di wilayah binaan. Kegiatan Pemberian Materi Pancasila dilakukan di sekolah-sekolah mulai  tingkat SD sampai tingkat SMA sederajat merupakan perintah Pimpinan TNI untuk memperingati hari lahirnya Pancasila.

Seperti yang terlihat di SMAN 6 Kota Bekasi Kelurahan Jatirasa, Kecamatan Jatiasih Bekasi, Kasrem 051/Wkt Letkol Inf Zamroni turun langsung ke sekolah bersama para Perwira memberikan materi Pancasila. Kegiatan pada pagi hari dimulai dengan dilaksanakannya upacara peringatan hari lahirnya Pancasila sekaligus pencanangan hari tanpa tembakau. Dan setelah itu dilanjutkan dengan pemberian Materi ini dilakukan secara serentak selama 60 menit di 18 kelas oleh 18 orang perwira yang telah ditunjuk.

Kasrem 051/Wkt mengatakan “Kegiatan ini diselenggarakan untuk membuka mata dan mengetuk hati serta menanamkan kembali ideologi Pancasila yang saat ini terus diterpa oleh pengaruh budaya asing (Westernisasi) yang begitu mudah masuk dan menyusupi setiap sendi kehidupan masyarakat Indonesia. Pada hari ini kita sampaikan kepada para siswa mengenai sejarah Pancasila, nilai-nilai luhur Pancasila dan Implemnetasi dari sila-sila Pancasila”.

Di  wilayah Kodam Jaya, kegiatan pemberian materi Pancasila di sekolah-sekolah pada peringatan hari lahirnya Pancasila 1 Juni 2016 ini dilakukan secara serentak oleh seluruh jajaran Kodim yang ada di wilayah melalui kerjasama dengan Klinik Pancasila pimpinan Dr. Dodik. Kegiatan mengajar Pancasila ini dilaksanakan selama 30 sampai 60 menit dan tetap mengedepankan guru di sekolah dengan materi pembahasan seperti sejarah Pancasila, mengapa Pancasila menjadi  dasar negara, mengapa 1 Juni diperingati sebagai hari lahir Pancasila dan 1 Oktober sebagai hari Kesaktian Pancasila.

Asisten Teritorial Kasdam Jaya Kolonel Inf Arudji mengatakan “Kenapa sekolah sekolah yang menjadi sasaran pengajarankarena, saat ini masih banyak remaja-remaja yang kurang memahami Pancasila sebagai ideolgi negara. Dewasa ini banyak masyarakat Indonesia yang hanya menjadikan Pancasila sebagai Simbol belaka, bahkan mengesampingkan atau tidak mengenal Pancasila. Derasnya arus Globalisasi salah satu faktor mengapa banyak generasi muda yang tidak menyadari arti penting Pancasila dalam kehidupan bernegara di Republik Indonesia ini.”

“Kodam Jaya begitu peduli terhadap lunturnya nilai nilai Pancasila yang akan merubah pola pikir masyarakat itu sendiri dalam berbagai aspek kehidupan. Hal ini kami khawatirkan akan menyebabkan masyarakat Indonesia melupakan ‘siapa dirinya sesungguhnya’, yaitu warga negara Indonesia yang berdasarkan kepada Pancasila.” tegas Aster.

Dengan kegiatan pengajaran ini, diharapkan kepada generasi muda khususnya para pelajar sebagai pemilik dan penerus kelangsungan hidup bernegara, akan memiliki pemahaman yang benar tentang Pancasila dan bisa menjadi benteng tangguh Pancasila. Autentikasi : Kapendam Jaya Kolonel Inf Heri Prakosa Ponco Wibowo

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodam Jaya Tanamkan Pancasila kepada Pelajar SMAN 6 Bekasi