TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 0106 Peringati Nuzulul Qur’An

By 30 Jun 2016 04:14Kodam Iskandar Muda
IMG-20160629-WA0006
 
TAKENGON- Dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa Prajurit Kodim 0106/Ateng-BM bersama dengan Persit KCK CAB XXII Dim 0106 memperingati Nuzulul Qur’an 1437 H Tahun 2016 M yang berlangsung di Meunasah Al-Hannas Asrama Kompi Blang Kolak II Kecamatan Bebesan Kabupaten Aceh Tengah. Selasa (28/6/16).
 
Acara Nuzulul Qur’an diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan oleh Babinsa Serda Diding Haryono yang merupakan anggota Koramil 10/Pegasing. Peringatan Nuzulul Qur’an diikuti oleh 250 anggota Kodim 0106 beserta Persit KCK CAB XXII DIM 0106 dengan mengusung tema “ Buka Bersama Anak Yatim Piatu Kodim 0106/Ateng-BM Dalam Rangka Memperingati Nuzulul Qur’an 1437 H/2016 M”.
 
Dandim 0106/Ateng-BM Letkol Arm Ferry Ismail S.Sos dalam sambutannya mengatakan, Nuzulul Qur’an ini juga merupakan agenda rutin yang setiap tahun dilakukan oleh Kodim 0106/Ateng-BM setiap bulan suci Ramadhan, tahun lalu dilaksanakan di Makodim, dan untuk tahun ini Kodim 0106 melaksanakan Nuzulul Qur’an di Meunasah Al-Hannas tepatnya di Asrama Kompi Takengon.
 
“Banyak hikmah yang dapat diberikan dalam memperingati Nuzulul Qur’an, apalagi penyelengaraan kegiatan ini dilaksanakan pada bulan suci Ramadhan, bulan yang penuh berkah dan ampunan serta bulan dimana Allah turunkan Alqur’an sebgai kitab suci umatNya” kata Dandim.
 
Dandim berharap Ramadhan ini sebaiknya dimanfaatkan oleh personel untuk  dapat belajar mengendalikan diri, melatih kesabaran dan kejujuran serta meningkatkan keimanan. Demikian juga halnya dengan peristiwa Nuzulul Quran adalah momen bagi personel Kodim 0106 untuk pandai bersyukur sebagaimana yang tertulis dalam Alquran.
 
Ditambahkan olehnya, hendaknya kita dapat mencermati dan memperhatikan apa yang disampaikan penceramah semoga kita dapat menangkap seluruh hikmahnya dan dapat menjadikannya sebagai motivasi untuk meningkatkan keimanan serta ketqwaan kita semua serta dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari baik dalam lingkungan keluarga maupun dalam pekerjaan timpal Dandim.
 
Peringtan Nuzulul Qur’an tersebut menghadirkan penceramah siraman rohani dari Kota Takengon yaitu Tengku Budi Darmawan M.Pd. Dalam tausiah yang disampaikan olehnya, bahwa sangat besar hikmah dari bulan suci Ramdhan ini, salah satunya yaitu turunnya ayat suci Alqur’an sebagai petunjuk untuk kehidupan manusia semua itu telah di jelaskan dalam Al Qur’an. Ayat suci Al Qur’an diturunkan oleh Allah SWT secara berangsur-angsur kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril, melihat itu semua kita juga wajib mempelajari Al Qur’an dan mengamalkannya. Kita sebagai umat islam harus mampu membaca ayat suci Al Qur’an karena Al Qur’an yang akan menuntun kita ke surganya Allah SWT. 
 
Dilanjutkan, orang-orang yang dirindukan surga yaitu orang yang menjaga ucapannya, orang memuliakan anak yatim dan orang yang berpuasa dibulan suci ramadhan sebut Tengku Darmawan.
 
Kegiatan diakhiri dengan pemberian santunan kepada 25 orang anak yatim dari Yayasan Kasih Sayang Desa Paya Tumpi oleh Dandim 0106 Letkol Arm Ferry Ismail S.Sos dan Ketua Persit KCK CAB XXII Dim 0106 Ny.Yaneldha Ferry Ismail, dilanjutkan dengan berbuka puasa bersama dan sholat magrib berjam’ah untuk meningkatkan jalinan silaturahim seluruh anggota dan keluarga besar Kodim 0106.
 
Acara selain dihadiri oleh Dandim 0106/Ateng-BM Letkol Arm Ferry Ismail S.Sos dihadiri juga oleh Kasdim 0106 Mayor Inf Ade Munandar S.I.Pem, Tengku Budi Darmwan m.P.d, Danramil jajaran, Perwira Staf, Dan Unit, Ketua Persit KCK CAB XXII Dim 0106 Ny.Yaneldha Ferry Ismail, Wakil Ketua Persit KCK CAB XXII Dim 0106 Ny. Devi Ade Munandar, Ketua Persit Ranting jajaran dan Anggota Persit, Bintara dan Tamtama Kodim 0106 dan anak-anak yatim dari yayasan kasih sayang.
POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam Iskandar Muda Berita Satuan Kodam IX/Udayana Kodam XIV Hassanudin Dinas Penerangan Kodam V/Brawijaya Kostrad
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim 0106 Peringati Nuzulul Qur’An