TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 1702/JWY Upayakan Pencegahan Perang Suku

By 16 Jun 2016 11:26Kodam XVII/Cenderawasih
16 Juni 2016 N

Anggota Kodim 1702/JWY yang dipimpin oleh Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1702/JWY Mayor Inf Nurliwedie G, dan di back up juga oleh Danramil 1702-05/ Assologaima Letda Inf Pramono melaksanakan upaya pencegahan terjadinya Perang Suku yang bertempat di Distrik Silo Sukarno Doga, Rabu (15/06).

Dalam hal ini Kasdim beserta anggota berinisiatif mengumpulkan masyarakat yang sedang tersulut emosinya tersebut untuk berdialog dan diselesaikan dengan kepala dingin. Kasdim juga menyampaikan bahwa masyarakat diharapkan tidak main hakim sendiri, karena Indonesia merupakan negara hukum. Kalian semua adalah bersaudara jangan mudah terprovokasi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, kami minta semua menahan diri, kita cari jalan keluarnya dengan tepat sehingga tidak merugikan kedua belah pihak, perang suku hanya akan menambah penderitaan rakyat yang dapat mengakibatkan korban jiwa.

Masyarakat akhirnya menyadari bahwa perang suku hanya akan menambah penderitaan mereka dan dapat merugikan khalayak banyak. Dengan ketulusan hati dan pikiran yang jernih akhirnya mereka menghentikan perang tersebut, mereka meletakkan alat perang tradisional dan berdamai serta menyelesaikan perselisihan tersebut dengan kekeluargaan.

Dengan tindakan yang diambil dengan cepat dan tepat oleh aparat Kodim 1702/JWY tersebut akhirnya perang antar suku di Distrik Silo Sukarno Doga tidak berlanjut dan tidak sampai memakan korban jiwa.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kostrad Kodam XII/Tanjungpura Kodam Jaya Kodam XVI/Patimura Kodam IX/Udayana Kodam V/Brawijaya Kodam Iskandar Muda Berita Satuan Kodam XIV Hassanudin
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim 1702/JWY Upayakan Pencegahan Perang Suku