Skip to main content
Kodam XVI/Pattimura

Kodim Ternate Serahkan 33 Ekor Satwa Dilindungi ke BKSDA

Dibaca: 10 Oleh 23 Jun 2016Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Kodim 1501/Ternate menyerahkan 33 ekor satwa endemik Maluku Utara berupa 31 ekor Nuri Ternate dan 2 ekor Kakatua Alba kepada Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Wilayah Ternate Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Prov Malut. Satwa-satwa tersebut merupakan hasil penggalangan Satgas Yon Armed 12/K kepada masyarakat Ibu Selatan yang kemudian diserahkan secara sukarela setelah diberikan pengertian tentang pentingnya menjaga kelestarian ekosistem dan lingkungan hidup kepada masyarakat.

Penyerahan sendiri dilakukan oleh Dandim 1501/Ternate Letkol Inf Subarda Tri Wahyudi, S.Ip kepada Polhut Pelaksana BKSDA Sdr. Alim Mahmud di Kantor BKSDA Seksi Konservasi Wilayah 1 Ternate Area Bandara Sultan Babullah Kota Ternate yang kemudian satwa tersebut akan menjalani proses konservasi sebelum nantinya akan dilepas kembali ke alam liar.

Usai penyerahan Dandim 1501/Ternate menyampaikan bahwa ke-33 satwa liar tersebut merupakan hasil penggalangan personel satgas Yon Armed 12/K di daerah Ibu Selatan yang kemudian diserahkan ke pihak Kodim untuk kemudian diserahkan kepada BKSDA, Program penggalangan kembali satwa-satwa endemik yang terancam punah merupakan salah satu langkah kita untuk tetap menjaga kelestarian ekosistem diharapkan agar Satwa tersebut dapat hidup di alam bebas, selain itu kita juga memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian ekosistem dan keberadaan beberapa satwa endemik yang terancam punah, keberadaan satwa tersebut sangatlah penting untuk dilindungi termasuk keasrian habitatnya, keseimbangan ekosistem perlu dijaga karena secara tidak langsung pula berkaitan dengan ketersediaan sumber daya untuk menopang hidup manusia. (Penrem 152/Babullah)

Baca juga:  Jadilah Prajurit Yang Kesatria Bukan Menjadi Seorang Yang Pengecut

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel