TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Korem 162/WB Membuka Pelatihan Bela Negara Untuk Mahasiswa dan Pelajar Se-Lombok

By 20 Jun 2016 12:34Kodam IX/Udayana
20 Juni 2016 J

Kasrem 162/WB Letkol Inf Heri Setiyono mewakili Komandan Korem 162/WB sebagai irup membuka kegiatan latihan Bela Negara yang diikuti oleh Mahasiswa dan Pelajar sepulau Lombok sebanyak 128 orang Senin (20/6) di di Lapangan Yonif 742/SWY,Gebang.

Melihat kondisi saat ini dimana kemajuan dunia sangat pesat kemudian adanya berbagai perkembangan internasional, nasional maupun daerah seperti masalah radikalisme, ketegangan kawasan perbatasan antar negara, separatis dan issue lainnya setidaknya membawa pengaruh kepada kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang mungkin saja bisa mengikis rasa nasionalisme kebangsaan kita. Untuk itulah kegiatan pelatihan Belanegara dipandang penting untuk dilaksanakan dan diberikan kepada masyarakat, oleh sebab itu Kodam IX/Udayana melaksanakan secara serentak pelatihan Bela Negara di Tiga Provensi yaitu Bali, NTB, NTT. Untuk di wilayah NTB sendiri dilaksanakan tanggal 20 Juni 2016 bertempat di Lapangan Yonif 742/SWY, Gebang.

Kasrem 162/WB Letkol Inf Heri Setiyono mewakili Komandan Korem 162/WB sebagai irup membuka kegiatan latihan Bela Negara yang diikuti oleh Mahasiswa dan Pelajar sepulau Lombok sebanyak 128 orang, dalam amanatnya Pangdam IX/Udy yang dibacakan oleh Kasrem 162/WB intinya harus dipahami bahwa pelatihan ini bukanlah bentuk pelatihan kemiliteran atau militerisasi, sama sekali bukan pelatihan semacam itu. Tetapi merupakan pelatihan untuk mewujudkan generasi muda yang mempunyai sikap mental dan karakter bela Negara. Sikap dan karakter yang dicirikan oleh adanya rasa cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, setia kepada Pancasila sebagai ideologi Negara, rela berkorban bagi Bangsa dan Negara, serta memiliki kemampuan awal bela Negara secara fisik dan mental.

Kegiatan latihan Bela Negara yang ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme para generasi muda bangsa Indonesia karena selain sebagai generasi penerus, para pemuda juga merupakan generasi harapan bangsa yang nantinya akan memajukan dan akan menjaga kedaulatan NKRI agar tetap tegak berdiri. Kegiatan pelatihan Bela Negara ini diharapkan mampu merubah pola pikir dan pola hidup para pemuda untuk menjadi lebih disiplin, lebih mencintai tanah airnya, dengan berbagai ilmu serta keterampilan yang diberikan seperti pengetahuan mengenai wawasan kebangsaan, latihan baris-berbaris dan kegiatan keterampilan lainnya, diharapkan dapat memberikan inspirasi dan menjadi motivasi bagi para pemuda untuk terus berjuang mencetak prestasi dan berbuat yang terbaik demi kemajuan daerah, bangsa dan Negara Indonesia. Kegiatan pelatihan Bela Negara yang dilaksanakna oleh korem 162/WB ini dilaksanakan mulai Tgl, 20 s.d 24 Juni 2016. Hadir pada Upacara Pembukaan Latihan Kader Bela Negara yaitu Para Kasi Korem, Danyonif 742/ WB, Dan/Ka Jajaran Korem, Para Perwira Bintara Korem 162/WB.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Korem 162/WB Membuka Pelatihan Bela Negara Untuk Mahasiswa dan Pelajar Se-Lombok