Skip to main content
Kodam I/Bukit Barisan

Pangkostrad Tutup TNI Manunggal Membangun Desa Ke-96 Kodim 0204/DS Korem 022/PT

Dibaca: 7 Oleh 02 Jun 2016Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi Irup Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa Ke 96 TA. 2016 Wilayah Kodim 0204/DS Korem 022/PT di Lapangan Replika Sultan Serdang Jalan Negara Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai, Rabu (1/6).

Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono yang dibacakan Pangkostrad mengatakan pelaksanaan lebih kurang lamanya sejak 3 Mei 2016, para prajurit, Pemerintah Daerah dan segenap komponen masyarakat telah bekerjasama dengan peuh kebersamaan dengan dilandasi semangat kegotongroyongan dan kemanunggalan menyeleasaikan program TMMD ke 96. Kebersamaan ini merupakan sinegitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan Bangsa, termasuk membantu Pemda dalam menyiapkan dan memperbaiki infrastruktur serta mengakselerasi program Pemerintah Daerah yang sangat dibutuhkan masyarakat sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan bersama. Kepala Staf Angkatan Darat selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu secara moril dan materiil karena berkat kerja keras dan kesungguhan dari semua unsur, kegiatan TMMD ke 96 ini dapat berjalan dengan lancar sesuai yang telah direncanakan sebelumnya.

Baca juga:  Kasrem 022/pt Memimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkada

Lebih lanjut Pangkostrad menyampaikan bahwa program TMMD telah dimulai sejak tahun 1980-an dengan sebutan program ABRI Masuk Desa (AMD). Telah melaui berbagai evaluasi dan penyempurnaan program TMMD yang telah berlangsung selama lebih kurang 35 tahun ini, telah nyata-nyatasemakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Program TMMD masih sangat dibutuhkan, karena sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan, sehingga keterlibatan TNI dalam ikut membangun sarana prasarana dan infrastruktur wilayah masih relevan. Pada TMMD ke-96 tahun 2016 ini sebanyak 33 sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur yang tersebar di berbagai Kodam di seluruh Indonesia diantaranya adalah pembangunan sarana transportasi berupa pembangunan jalan baru, rehabilitasi jalan, pengaspalan jalan, pemasangan paving dan pengerasan jalan/rabat beton/makadam. Sedangkankan pembangunan infrastruktur lainnya yaitu pembuatan dan rehab jembatan, pembuatan tanggul dan gotong royong serta renovasi dan pembangunan rumah ibadah dan sekolah. Tidak kalah pentingnya juga pembangunan sarana sanitasi dan pusat-pusat kegiatan masyarakat. Kesemuanya itu telah tercapai seratus persen.

Selain itu juga terdapat sasaran non fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat antara lain : tentang Wawasan kebangsaan, Pancasila, UUD 1945, Kamtibmas, Bahaya Narkoba, Terorisme, Penanggulangan Bencana Alam, Pertanian dan perikanan, KB dan Kesehatan, serta teknologi tepat guna. Disamping itu dilakukan juga kegiatan olah raga dan kesenian, pengobatan massal, bazar serta pembagian sembako.

Baca juga:  Pra TMMD Ke-95 di Wilayah Kodim 0301/Pekanbaru sudah mencapai 65 %

Diakhir amanat Kasad ini ada beberapa atensi dan harapan yang perlu disampaikan sebagai tindak lanjut dari Program TMMD ke-96 ini : pertama, pelihara kebersamaan dan semanagat gotong royong yang sudah terbina dengan baik serta pelihara hasil program TMMD, agar usia pakainya akan lama dan manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu cukup panjang. Kedua, kepada para Dansatgas TMMD ke96 lakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan pada TMMD mendatang. Ketiga, kepada seluruh peserta yang tergabung dalam satgas TMMD dengan selesainya kegiatan ini segera kembali ke induk pasukan masing-masing dan perhatiakn faktor keamanan selama perjalanan.

Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa Ke-96 Tahun 2016 dimeriahkan dengan aksi terjun payung yang didatangkan dari Kostrad dan Kopassus sebanyak 16 orang terdiri dari 11 orang penerjun putra dan 5 orang penerjun putrid, tarian Klosal, bela diri Yong Moo Do, Marching Band dari SLTA Serdang Bedagai.

Hadir dalam kegiatan tersebut Danrem 022/PT, Para Asisten Kasdam I/BB, Para Kabalakdam I/BB, Bupati Deli Serdang, Bupati Serdang Bedagai, Para Dandim jajaran Korem 022/PT, Kapolres Serdang Bedagai, Para Camat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda.

Baca juga:  Kapendam I/BB Buka Pelatihan Junarlistik Jajaran Penerangan Kodam I/BB TA 2016

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel