TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pendam III/Siliwangi Tingkatkan Kemampuan

29 Juni 2016 E

Tekhnologi Informasi (TI) semakin hari semakin maju dan berkembang dengan pesat, sehingga mempengaruhi berbagai bidang kehidupan, salah satunya fungsi, peran dantugas Penerangan Kodam III/Siliwangi. Dalam melaksanakan fungsi peran dan tugasnya Pendam III/Siliwangi saat ini memanfaatkan TI untuk membantu memperlancar pekerjannya. Berbagai bidang tugas di Pendam III/Siliwangi tak luput dari penggunaan TI dan aplikasinya. Salah satu fungsi utama dari Penerangan adalah memantau berita dan membuat berita sebagai sharing informasi kepada publik, juga memberikan input dan saran pada pimpinan, Pangdam III/Siliwangi tentang situasi issu ataupun tindakan apa yang perlu dilakukan Pangdam terkait situasi terkini. Untuk melakukan fungsi tersebut sangat terbantu dengan tersedianya fasilitas TI yang ada.

Terkait dengan itu, Kapendam III/Siliwangi Letkol Arh MD Ariyanto telah membuat terobosan baru untuk mendukung kelancaran pelaksanaan salah satu tugas fungsi utamaPendam dengan membentuk satu tim TI yang dimotori oleh Kasi Lisstra Pendam Siliwangi, Drs. Bambang Setioutomo, MT., dibantu oleh Drs. Dedi Hendiana dengan beranggotakan Lilis Erliana, SE., Siti Affiyah Gandakasturi, S.Ap., Elly Amalia, A.Md., Rahmat Gunawan dan Dwi Haryadi.

Tim TI bentukan Kapendam III/Siliwangi ini mempunyai tugas memonitor dan mengkliping secara elektronik berita terkait dengan Kodam III/Siliwangi dan satuan di jajarannya, bahkan hinga kegiatan Babinsa yang terbit di Media Online dan Cetak, membuat dan mengirimkan berita ke Media Cetak, Online, Internalpen, Website, serta mengadakan analisa terhadap berita-berita yang muncul dari berbagai sudut pandang untuk bahan pertimbangan Pangdam dalam mengambil kebijakan, serta melakukan counter opini terhadap pemberitaan yang negative.

Untuk kelancaran Tim TI ini, disamping dilengkapi dengan fasilitas ruangan yang memadai dan perlengkapan Komputer berikut jaringannya, Pendam juga bekerjasama dengan lembaga Indikator Indonesia dengan memanfatkan aplikasi “Intelligence Media Manajemen” (IMM.today) dalam menyajikan berita-berita Kodam III/Siliwangi dari berbagai media yang terjaring melalui “Key Word” tertentu, sekaligus dengan didukung oleh grafik, Media Share, Statement, Influencer dan sebagainya.

Terkait dengan itu pula, dalam upaya membekali anggota Tim TI, Pendam dalam mengoperasikan IMM.to.day ini pada hari Selasa 12 juni 2016, telah diadakan pelatihan penggunaan IMM.to.day dengan mendatangkan tim Trainer dari Indikator Indonesia yang dipimpin oleh Isyia dengan anggota Biondi, Nurul dan Netra di ruang Rapat Pendam III/Siliwangi,. Selain pelatihan, dalam kesempatan itu juga diadakan sharing dan tanya jawab khususnya terkait dengan berbagai permasalahan yang ditemui oleh Tim IT dalam menggunakan IMM.today.

Tim yang baru lahir tersebut, dituntut untuk segera dapat bekerja sesuai tuntutan dan kebutuhan, namun tentunya untuk mendapatkan hasil yang sempurna harus melalui suatu proses dan penyempurnan. Para anggota Tim TI selalu mendapat bimbingan, pengarahan dan koreksi dari Kapendam atas semua hasil pekerjaanya. Seluruh hasil dari TM TI, baik itu hasil pengklipingan berita, pembuatan berita di Website Kodam III/Siliwangi, maupun pembuatan analisa dari hasil penelaahan data yang didapat darimemanfatkan aplikasi “Intelligence Media Manajemen” (IMM.today), google Trend dan kliping media, menjadi perhatian Kapendam dan bila ada yang harus disempurnakan, maka penyempurnaan langsung dilakukan.

Dalam berbagai kesempatan Kapendam III/Siliwangi Letkol Arh MD Ariyanto selalu menekankan bahwa Tim TI Pendam III/Siliwangi agar segera dapat menyesuaikan, untukdapat memenuhi tuntutan tugas dan memberikan ispirasi bagi satuan penerangan lainnya dalam penggunaan IT dalam mendukung pelaksanaan tugas Penerangan. (Pendam III/Slw).

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Pengumuman Dinas Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kodam XII/Tanjungpura Puspen TNI Kodam III/Siliwangi Kodam V/Brawijaya Kodam IX/Udayana
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pendam III/Siliwangi Tingkatkan Kemampuan